Honda

SEJARAH ISLAM! Kisah 6 Pemuda Khazraj yang Pertama Kali Memeluk Islam di Madinah

SEJARAH ISLAM! Kisah 6 Pemuda Khazraj yang Pertama Kali Memeluk Islam di Madinah

SEJARAH ISLAM! Kisah 6 Pemuda Khazraj yang Pertama Kali Memeluk Islam di Madinah--sumber: jasa makalah

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada sebuah kisah sebelum terbentuknya Kaum Anshar dan Kaum Muhajirin yang diawali dengan munculnya 6 Pemuda pertama yang memeluk Islam.

Apakah kamu pernah mengenal nama As’ad bin Zurarah, Auf bin Harits, Rafi bin Malik, Quthbah bin Amir, Uqbah bin Amir, dan Jabir bin Abdillah?

Keenam orang tersebut memang sangat jarang diketahui. Mereka disebut sebagai 6 pemuda Khazraj yang pertama kali bertemu Rasulullah dan memeluk Islam di Madinah.

Bani Khazraj adalah kelompok Arab yang tinggal di Madinah pada awal penyebaran agama Islam.

BACA JUGA:2 Kampus yang Miliki Jurusan Robotika Terbaik di Indonesia, Ada di TOP QS WUR 2024! Minat?

Keluarga Bani Khazraj berasal dari Yaman dan pindah ke Yatsrib (nama lama Madinah) setelah bendungan Ma’rib pecah dan menyebabkan bencana.

Nama Khazraj berasal dari Al-Khazraj bin Haritsah bin Tsa’labah bin Al-Amr Muzaiqiya. Al-Amr Muzaiqiya sendiri merupakan pemimpin Bani Azad yang mengarahkan orang-orangnya berhijrah dari Yaman.

Bani Khazraj dan kerabat mereka, Bani Aus, memiliki nenek moyang yang sama, yaitu Qailah binti Kahil, yang merupakan istri Haritsah bin Tsa’labah.

Dengan ini, mereka bersama-sama dikenal sebagai Bani Qailah.

BACA JUGA:3 Jurusan Sosiologi di Kampus Terbaik Indonesia versi QS WUR 2023, Ada Kampusmu di Sini?

Bani Khazraj terbagi menjadi beberapa kelompok keluarga, termasuk yang paling terkenal di antaranya Bani Auf, Bani Al-Harits, Bani Sa’idah, Bani Jusyam, dan Bani an-Najjar.

Sebelum masuk Islam, dewa utama yang dipuja oleh Bani Khazraj adalah Manat.

Manat merupakan berhala yang ditempatkan di Qadid, yang berada di perlintasan jalur perdagangan antara Mekkah dan Madinah.

Pada musim haji tahun ke-11 sejak awal pengajaran agama Islam oleh Muhammad, enam orang dari beberapa golongan Bani Khazraj memilih untuk memeluk Islam di Aqabah, Mina.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Paling Murah dan Paling Mahal di KampusTerbaik Indonesia Versi QS WUR 2024

Mereka adalah As’ad bin Zurarah dan Auf bin Harits dari Bani an-Najjar, Rafi bin Malik dari Bani Zuraiq, Quthbah bin Amir dari Bani Salamah, Uqbah bin Amir dari Bani Hiram, dan Jabir bin Abdillah dari Bani Ubaid.

Merekalah umat Islam pertama dari Yatsrib (Madinah) yang memeluk Islam, dan kemudian mereka mengembangkan ajaran ini kepada orang lain di daerah tersebut.

Pada musim haji tahun berikutnya, mereka kembali untuk berbaiat, termasuk Rafi bin Malik bersama lima orang baru dari Bani Khazraj dan dua orang dari Bani Aus.

Peristiwa inilah yang dikenal sebagai Baiat Aqabah I.

BACA JUGA:12 Jurusan Kuliah untuk Pecinta Geografi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024!

Pertumbuhan cepat agama Islam di Yatsrib membuat terjadinya musim haji pdladantahun ke-13 dengan anggota 62 pria dan 2 wanita dari Bani Khazraj serta 11 pria dari Bani Aus kembali berbaiat dalam peristiwa yang dikenal sebagai Baiat Aqabah II.

Sebelum bersatu melalui Piagam Madinah, Bani Khazraj bekerjasama dengan suku Yahudi Bani Qainuqa dalam konflik untuk melawan Bani Aus beserta sekutunya.

Setelah mereka semua akhirnya memeluk Islam, barulah Bani Khazraj dan Bani Aus dipersatukan dengan sebuah kelompok dyang dinamakan Kaum Anshar.

Maka pada tahun-tahun berikutnya, Kaum Anshar dan kaum Muhajirin bergabung bersama untuk menyebarluaskan ajaran Nabi Muhammad SAW dan khalifah-khalifah yang menggantikannya dalam membangun pemerintahan dan menyebarkan Islam, terutama di Madinah dan seluruh wilayah Jazirah Arab.*

BACA JUGA:4 Kampus yang Menyediakan Fast Track, Deretan TOP QS WUR 2024, Minat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: