Honda

7 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Teknik Biomedik Terbaik di Indonesia, Segini Kisaran Biaya Kuliahnya!

7 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Teknik Biomedik Terbaik di Indonesia, Segini Kisaran Biaya Kuliahnya!

7 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Teknik Biomedik Terbaik di Indonesia, Segini Kisaran Biaya Kuliahnya!--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Terdapat sejumlah kampus deretan QS WUR 2024 yang menyediakan Jurusan Teknik Biomedik terbaik di Indonesia.

Jurusan Teknik Biomedik merupakan ilmu menggabungkan dua ilmu penting yaitu ilmu teknik dan ilmu medis atau kedokteran dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis.

Mahasiswa juga akan mempelajari kelistrikan, kedokteran, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu komputer, dan banyak lagi ilmu lainnya yang lebih spesifik.

Maka dari itu, mahasiswa Jurusan Teknik Biomedis akan selalu berhubungan dengan berbagai peralatan medis.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Diincar Dunia Kerja, Ada di Kampus QS WUR 2024 Lho! Minat?

Oleh karena itu juga, mahasiswa lulusan Jurusan Teknik Biomedis diharapkan dapat mengembangkan dan menciptakan inovasi baru di bidang pembuatan alat-alat medis di Indonesia.

Dengan begitu akan banyak ahli biomedis yang menciptakan alat-alat medis yang canggih, sehingga ketergantungan terhadap alat medis buatan luar negeri perlahan akan berkurang.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seolah ahli biomedis, kamu bisa berkuliah dengan menempuh Jurusan Teknik Biomedis di beberapa kampus terbaik Indonesia berikut.

1. Universitas Indonesia (UI)

BACA JUGA:3 Jurusan Termurah Miliki Peluang Kerja yang Luas, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?

Jurusan Teknik Biomedik UI berada di naungan Departemen Teknik Elektro (DTE) yang awalnya memiliki 5 bidang peminatan.

Kelima bidang peminatan tersebut dikembangkan di DTE, yang berupa Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kendali dan Teknik Komputer.

Namun, di tahun 2016, Teknik Biomedik resmi menjadi peminatan baru di DTE dengan kisaran biaya per semesternya yakni Rp500 ribu hingga Rp7,5 juta sesuai golongan yang ditentukan tiap mahasiswa.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

BACA JUGA:5 Kampus Idaman Perusahaan, Begitu Lulus Langsung Kerja, Deretan PTN QS WUR 2024

Dilansir dari laman resmi UGM, Jurusan Magister Teknik Biomedis berada di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) yang dibuka pada 2019.

Jurusan Magister Teknik Biomedis telah terakreditasi Baik oleh BAN-PT No. 13277/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2021 dan berlaku mulai tanggal 15 Desember 2021 hingga 15 Desember 2026.

Untuk biaya kuliah ditetapkan sebesar Rp14 juta per semester, atau Rp56 juta selama 4 semester yang sudah termasuk biaya wisuda, tetapu di luar biaya untuk buku, biaya hidup, dan kegiatan lain.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

BACA JUGA:10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

Dilansir dari situs laman resmi Biomedik STEI ITB, Jurusan Teknik Biomedik di ITB awalnya berdiri pada 1998 dengan dibukanya jurusan Teknik Biomedika di Departemen Teknik Elektro.

Namun Jurusan jenjang Sarjana Teknik Biomedis baru menerima mahasiswa pertama pada 2015 lalu.

Sehingga sejarang jurusan ini berada di naungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB serta akreditasiya yang telah Unggul.

Untuk biaya kuliahnya, Teknik Biomedik ITB memiliki golongan UKT mulai dari golongan pertama Rp1 juta hingga golongan ke-5 Rp12,5 juta per semester.

BACA JUGA:4 Kampus Swasta Miliki Biaya Termurah di Indonesia, 1 Semester hanya Rp900 Ribu Aja, Ada PTS QS WUR 2024?

4. Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Dikutip dari situs resmi Biomedik ITERA, Program Studi Teknik Biomedis (PSBM) adalah jurusan yang resmi dibuka pada 2019.

Jurusan ini memiliki dua bidang keahlian, yaitu Instrumentasi & Pengolahan Citra Biomedis dan Biomaterial & Rekayasa Jaringan.

Jurusan Teknik Biomedik di ITERA memiliki 8 golongan biaya UKT hingga 8 golongan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp9,5 juta per semester sesuai golongan yang ditentukan.

BACA JUGA:10 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia, Kampus Swasta Ada Gak?

5. Universitas Airlangga (Unair)

Melansir laman resmi UNAIR, Jurusan jenjang S1 Tekno Biomedik berdiri pada tahun 2013 dan telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Sehingga, ada dua bidang peminatan di Jurusan Tekno Biomedik UNAIR ini, yakni Instrumentasi Biomedis dan Biomaterial.

Biaya kuliah Teknik Biomedik di UNAIR juga memiliki 3 golongan yang nominalnya berkisar antara Rp6 juta hingga Rp15 juta per semester.

BACA JUGA:12 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Sastra Arab Terbaik di Indonesia, Ada UIN dan Kampus TOP QS WUR 2024

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Berdasarkan laman resmi ITS, Jurusan Teknik Biomedik ITS memiliki kemampuan analisis dan sintesis yang kuat dalam beberapa bidang spesialisasi.

Beberapa bidang spesialisasi ini meliputi Instrumentasi Biomedik, Kontrol Biomedik, Pengolahan Sinyal Biomedik, Biomekanika, dan Biomaterial.

Bahkan, Teknik Biomedik jenjang Sarjana telah terakreditasi A berdasarkan BAN-PT.

BACA JUGA:Miliki Prospek Kerja Tinggi! Berikut 9 Jurusan Kuliah Bidang Digital di Kampus TOP QS WUR 2024!

Untuk biaya kuliah Teknik Biomedik di ITS terdiri dari 7 golongan, mulai dari golongan pertama Rp500 ribu hingga golongan ke-7 sebesar Rp7,5 juta.

7. Telkom University

Selain kampus negeri, kampus swasta yang masuk dalam pemeringkatan QS WUR 2024 juga memiliki Jurusan Teknik Biomedis.

Namun, jurusan yang masuk dalam salah satu jurusan di Fakultas Teknik Elektro Telkom University ini belum mendapatkan akreditasi Unggul seperti jurusan lainnya.

BACA JUGA:8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

Berbeda dengan kampus negeri sebelumnya, jurusan Teknik Biomedik di Telkom, memiliki uang pangkal, sumbangan dana, dan biaya per semester.

Untuk uang pangkal Rp9 juta, sumbangan dana Rp9 juta, dan biaya kuliahnya yakni Rp8 juta per semester.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: