Honda

Pertama di Indonesia, Jembatan Dalam Air Kota Palembang, Konsepnya Berupa Terowongan Air, Kapan Dibangun?

Pertama di Indonesia, Jembatan Dalam Air Kota Palembang, Konsepnya Berupa Terowongan Air, Kapan Dibangun?

Ilustrasi jembatan dalam air di Kota Palembang-Net-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sebagian masyarakat tidak asing dengan jembatan di atas air, karena sering ditemui ketika melakukan perjalanan.

Tapi, apakah anda pernah berpikir akan melintasi jembatan di dalam air?

Demikian wacana yang akan dilakukan Pemerintah Kota Palembang yang dibantu investor dari China untuk membangun jembatan dalam air di Sungai Musi Palembang.

Jembatan dalam air ini bahkan akan menjadi satu-satunya jembatan di Indonesia yang mempunyai konsep unik.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! 2 Bansos Cair Serentak September 2023, Hanya Pemilik NIK KTP Ini yang Dapat

Rencana pembuatan jembatan dalam air ini merupakan wacana lama, dan jembatan dalam air ini akan menggunakan sistem immerce tunnel.

Awalnya, rencana pembangunan jembatan dalam air ini sudah berada dalam draft kerjasama dengan Pemerintah China.

Terlebih, Pemerintah China juga akan menggelontorkan dana mencapai Rp5 triliun sebagai dukungan dalam merealisasikan proyek tersebut.

Akan tetapi, pembangunan jembatan dalam air tersebut masih dalam proses pengkajian dari pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang.

BACA JUGA:7 Ciri Perkutut Bermitos Pembawa Rezeki dan Keberuntungan, Wajib Pelihara!

Pasalnya, ada sejumlah pertimbangan lain yang menjadi alasan dari pembangunan jembatan dalam air ini tak kunjung terealisasi.

Seperti adanya keterbatasan anggaran yang diberikan oleh pemerintah dalam pembangunan jembatan dalam air pertama di Indonesia ini.

Kendatipun masih dalam wacana, proyek ini tentunya akan menarik perhatian dan menimbulkan keingintahuan masyarakat Sumatera Selatan tentunya.

Meskipun rencana pembangunan jembatan dalam air ini sudah ada sejak tahun 2010, dengan harapan jembatan ini mampu mengurangi beban arus lalulintas kendaraan di Jembatan Ampera.

BACA JUGA:Tawarkan View Kota Palembang 360 Derajat, Inilah Hotel Tertinggi di Sumatera Selatan

Adanya jembatan dalam air itu, nantinya akan melintasi kawasan Pulau Kemaro yang menghubungkan Sungai Gerong Pertamina Plaju di Ulu dengan wilayah hilir yang ada di Sungai Batang Kecamatan Kalidoni.

Jika nantinya benar-benar terwujud, maka Jembatan Dalam Air di Palembang ini menjadi satu-satunya jembatan di Indonesia yang mempunyai konsep terowongan air.

Rencananya jembatan dalam air ini bernama Jembatan Musi 3 di Kota Palembang Sumatera Selatan.

Biarpun masih dalam tahap wacana, tapi sebenarnya Sumatera Selatan juga punya jembatan lain yakni Jembatan Musi V dan Musi IV.

BACA JUGA:Cara Cepat Tarik Saldo DANA Shopeepay, Ini Langkah-langkahnya, Langsung Berhasil!

Itulah mengapa pembangunan jembatan dalam air Musi 3 masih berada dalam konsep meskipun telah bekerjasama dengan Pemerintah China. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: