Honda

5 Kiper Legendaris dan Tangguh Timnas Indonesia, Nomor 4 Sudah Tutup Usia

5 Kiper Legendaris dan Tangguh Timnas Indonesia, Nomor 4 Sudah Tutup Usia

Aksi heroik Achmad Kurniawan dalam mengamankan gawangnya supaya tidak kebobolan--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pada setiap eranya Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia memiliki kiper legendaris dan tangguh, sejumlah nama penjaga gawang hebat tersebut sempat tampil gemilang dibawah mistar gawang sehingga membuat prustasi striker lawan untuk mencetak gol.

Berikut nama-nama kiper legendaris yang pernah mengamankan gawang Timnas Indonesia, yuk disimak!

1. Hendro Kartiko

Hendro Kartiko menjadi kiper utama Timnas Indonesia di Piala Asia 2000 dan 2004 serta secara reguler menjadi kiper nomor satu skuad Garuda.

BACA JUGA:5 Kiper Berdarah Indonesia Ini Jasanya Bisa Dipakai STY, Nomor 4 Malang Melintang di Liga Top Belanda

Pada dua edisi ini, Hendro Kartiko selalu menjadi man of the match pada setiap laga perdana Timnas Indonesia, bahkan di Piala Asia 2000 itu dia mendapat julukan Fabian Barthez dari Indonesia.

Mencatatkan sebanyak 60 kali penampilan, Hendro mengawal gawang Timnas Indonesia hingga ajang Piala AFF 2007, dengan rekor penampilannya, Hendro Kartiko pernah merasakan tiga final Piala AFF, yakni 2000, 2002, dan 2004.

2. Kurnia Mega

Karier sebagai penjaga gawang Kurnia Mega dimulai pada tahun 2006, saat itu dia bergabung dengan tim sepak bola Persijap U-18, lalu setahun kemudian dia masuk skuad inti Persijap U-21.

BACA JUGA:Pilih Indonesia atau Italia, Ini Jawaban Berkelas Calon Kiper Timnas Indonesia

Sedangkan perjalanan karier seniornya dimulai pada tahun 2008, di mana Kurnia Mega bergabung dengan tim sepak bola Arema Malang, dan uniknya sepankang karier Kurnia Mega hanya membela satgu klub saja yaitu Arema Malang, kemudian dia pensiun dari dunia sepak bola profesional pada tahun 2017.

Sementara dalam karier internasional, Kurnia Mega pertama kali mengenakan seragam Timna Indonesia pada tahun 2008 hingga 2017, dia tercatat pernah membela timnas U-19, U-21, U-23 dan timnas senior.

3. Markus Horison

Markus Haris Maulana atau dikenal dengan sebutan Markus Horison termasuk salah satu kiper legendaris yang pernah dimiliki Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Lahir di Lombok, Inilah Emil Audero Kiper Berdarah Indonesia yang Resmi Gabung Inter Milan

Pria kelahiran Pangkalan Brandan, 14 Maret 1981 itu adalah kiper andalan Timnas Indonesia periode 2007-2012, di mana prestasi terbaiknya adalah membawa tim Garuda finish di posisi runner-up pila AFF tahun 2010.

Sementara itu di kompetesi sepak bola tanah air, nama Markus Horison sempat malang melintang membela sejumlah klub sepab bola, dia mengawali karier profesional sejak tahun 2000 dan tercatat pernah membela klub Persib Bandung, PSMS Medan hingga Persik Kediri, saat ini Markus Horison dipercaya menjadi pelatih kiper timnas U-16 mendampingi pelatih Bima Sakti. 

4. Achmad Kurniawan

Achmad Kurniawan lahir pada tanggal 31 Oktober 1979, dia merupakan salah satu kiper terbaik dan legendaris Timnas Indonesia, tapi sayangnya dia tutup usia pada 10 Januari 2017 akibat penyakit yang dideritanya.

BACA JUGA:Kiper Ganteng Asal Italia Ini Jadi Gabung Timnas Indonesia? Berikut Tanda-tandanya 

Selama berkarier Achmad Kurniawan menggunakan nomor punggung 47 sehingga dia dijuluki sebagai AK-47, dan dia masuk skuad timnas Indonesia menuju piala Asia 2011. 

Achmad Kurnia merupakan salah satu penjaga gawang legendaris Arame yang bersahaja dengan sejumlah pengalaman dan kontribusinya yang diberikan untuk klub.

5. Kurnia Sandy

Kurnia Sandy mulai menembus skuad Timnas Indonesia pada ajang Piala Tiger dan Piala Asia 1996 hingga 1998, dia mengemas 24 penampilan bersama timnas selama tiga tahun, dia juga ikut membantu Tim Garuda meraih medali perak SEA Games 1997, kini Kurnia Sandy aktif sebagai pelatih kiper, juga sempat membimbing kiper-kiper muda Timnas Indonesia ketika Piala AFF 2018. (frs)   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: