Honda

27 Tahun Mengabdi, Inilah Sejarah Suzuki Shogun di Indonesia, Sempat Dihadang Pabrikan Motor China

27 Tahun Mengabdi, Inilah Sejarah Suzuki Shogun di Indonesia, Sempat Dihadang Pabrikan Motor China

Ilustrasi sejarah Suzuki Shogun di Indonesia-Suzuki.co.id-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Rilis pertama kali sejak tahun 1996, Suzuki Shogun telah 27 tahun mengabdi di Indonesia.

Di era tahun 2000-an, Suzuki Shogun adalah salah satu motor bebek yang cukup digandrungi.

Pertama kali diperkenalkan melalui tayangan iklan ditelevisi yang diperankan almarhum Mamiek Prakoso.

'Shogun dilawan', begitulah tagline dari Suzuki Shogun ini pada awalnya.

BACA JUGA:Traveling Murah di Karangasem Bali, Yuk Nikmati Sejumlah Objek Wisata Ini

Faktanya, Shogun memang berhasil mengangkat citra sekaligus penjualan motor Suzuki kala itu.

Kalian yang ingin melihat sejarah Suzuki Shogun di Indonesia, marilah bernostalgia sejenak dengan artikel berikut ini.

1. Shogun

Suzuki Shogun pertama kali rilis di Indonesia pada tahun 1996.

BACA JUGA:Khasiatnya Bisa Menaklukkan Dunia dan Seisinya, Ini Keutamaan Salat Qobliah Subuh yang Jarang Diketahui

Shogun generasi pertama ini punya bodi mirip dengan saudaranya bermesin 2 tak, Suzuki Tornado.

Desainnya yang mengotak dan dimensinya yang lumayan bongsor, Shogun generasi awal ini kerap dijuluku Shogun Kebo.

Awalnya, Shogun ini hanya tersedia versi rem tromol.

Setahun berselang, meluncur versi dengan rem depan cakram.

BACA JUGA:Performanya Tiada Lawan, Inilah Suzuki Shogun 125 Terbaru Bermesin Standar Euro 3

Hingga saat ini, Shogun generasi ini bahkan masih banyak jadi incaran pecinta motor antik di tanah air.

Khususnya komponene CDI-nya, sebab CDI lansiran Shindengen ini dipercaya punya kurva pengapian yang mantap tanpa limiter.

2. New Shogun 110 R

Pada tahun 2000, Suzuki memberikan penyegaran pada Shogun dengan meluncurkan versi terbarunya.

BACA JUGA:Menolak Punah, New Suzuki Shogun 125 Terbaru Usung Fitur Canggih

Kali ini bodi Shogun berubah sangat drastis, mulai dari desain hingga dimensi yang makin ramping.

Walaupun dibekali desain anyar, kabarnya urusan mesin masih kalah 'Badak' dibandingkan Shogun Kebo.

Ikoniknya dari Shogun ini tentu pilihan warna hijau tosca-nya.

3. Shogun 125 R

BACA JUGA:Kaldunya Gurih Banget! Begini Cara Bikin Kwetiau Kuah Daging, Wajib Kamu Coba

Setelah empat tahun berselang, Shogun kembali mendapatkan upgrade.

Merebaknya motor asal China saat itu ternyata cukup membuat Suzuki kewalahan dan putar otak.

Alhasil, Shogun diberi mesin baru dengan kapasitas jadi 125 cc.

Sementara itu Suzuki juga melahirkan Smash untuk mengisi segmen 110 cc sekaligus menghadang laju gempuran produk China.

BACA JUGA:Proses Mudah Tanpa Agunan, Ini Syarat dan Cara Ajukan KUR Syariah di Pegadaian, Cocok Segala Jenis Usaha

Shogun 125 R memiliki desain yang lebih modern dengan lampu depan ganda.

Sejumlah fitur pun disematkan, seperti kunci magnet dan bagasi dengan volume yang lebih luas.

4. Shogun 125 SP

Kemudian pada tahun 2005, Suzuki kembali merilis Shogun 125 SP.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Indoor untuk Mempercantik Kamu Tidur Kamu, yuk Simak Ulasannya

Dilabeli Shogun 125 SP (Sport Production), motor bebek ini ternyata punya banyak ubahan.

Mulai dari penggunaan kopling manual, transmisi injak-congkel layaknya motor sport, rem cakram depan belakang hingga velg mirip Satria F.

5. New Shogun 125 R

Versi yang rilis tahun 2007 ini ubahan yang terlihat cukup banyak.

BACA JUGA:5 Hal Sepele yang Bikin Tanaman Hias Cepat Layu dan Cara Mengatasinya

Terutama posisi lampu sein yang pindah ke area bodi, mengikuti tren saat itu.

Bukan hanya lampu sein, desain bodi juga berubah jadi lebih lancip.

Sektor mesinnya Shogun ini dilengkapi engine balancer agar minim getaran.

Pada model ini tersedia pula versi RR dengan velg racing dan rem doble cakram.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Pemerintah Salurkan Bantuan Tambahan Rp200.000 untuk Masyarakat Miskin, Ini Mekanismenya

Versi SP juga kembali hadir dengan ciri khas di kopling manual dan gigi injak - congkel.

6. Shogun 125 FI

Mengikuti tren mesn injeksi, Suzuki akhirnya merilis versi injeksi dari New Shogun 125 R di tahun 2008.

Mesin injeksi Shogun FI ini dikontrol ECM berdasarkan input dari intake air pressure sensor (IAP), cranksharft position sensor (CKP), throtte position sensor (TP).

BACA JUGA:Ratu Dewa Instruksikan Dinas PUPR Perbaiki Jalan Lettu Karim Kadir yang Amblas, Diberi Waktu 3 Hari

Sistem injeksi Shogun yang bernama DCP-FI punya kelebihan yakni pompa bensin yang menyatu dengan injektor.

Efeknya, tidak perlu tekanan bensin tinggi untuk disemprot ke ruang bakar.

7. Shogun Axelo

Pada tahun 2011, Suzuki Shogun Axelo resmi meluncur di Indonesia.

BACA JUGA:iPhone 14 vs iPhone 15 Mana Lebih Baik, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

Nama Axelo adalah akronim Axe - Akselerasi dan Lo-Low Emission.

Desain sudah sangat berubah dari versi sebelumnya.

Utamanya di area headlamp yang jadi lebih besar.

Lampu depan ini juga telah otomatis hidup ketika mesin dinyalakan.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Terindah Terunik, Keindahannya Bikin Tercengang

Lekukan bodi dibuat lebih dinamis dengan lekukan yang mengalir dan tak terlau lancip. 

Shogun Axelo terdiri dari 3 varian, standar, tipe S dan tipe R. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: