Atasi Stunting Koramil 428-02/Ipuh Gelar Rakor dan Sosialisasi

Sabtu 09-07-2022,21:53 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Trisno Rusli

MUKOMUKO, PALPRES.COM – Personil Kodim 0428/MM dari Koramil 428-02/ Ipuh Bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarsari dan instansi terkait gelar rakor serta Sosialisasi penanganan stunting.

Kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi tentang penanganan stunting ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Mekarsari, Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko, Kamis (08/07/2022).

Rakor dan Sosialisasi itu bertujuan untuk mengatasi dan mengambil langkah langkah kebijakan agar stunting di Desa Mekarsari segera teratasi.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0428/MM melalui Babinsa Koramil 428-02/Ipuh Serma M.Amin seusai kegiatan tersebut. Dikatakannya, stunting merupakan masalah kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama

BACA JUGA:Stunting Harus Ditekan, Jadi Ancaman Bangsa

Dia menilai stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun.

”Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak. Penyebabnya adalah karena sang ibu tidak memiliki akses terhadap makanan sehat dan bergizi, sehingga menyebabkan buah hatinya turut kekurangan nutrisi. Selain itu, rendahnya asupan vitamin dan mineral yang dikonsumsi ibu juga bisa ikut memengaruhi kondisi malnutrisi janin,” ungkap Serma M. Amin.

Masih dikatakan Serma M. Amin Cara mengatasi stunting antara lain dengan penuhi nutrisi selama hehamilan dengan optimal, mempraktikkan kebersihan yang benar, mengatasi anak yang susah makan dengan segera berkonsultasi dengan Tim Pelayanan Kesehatan.

”Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan rakor dan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan stunting serta meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi, serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal dan konsistensi untuk mencapai Desa bebas stunting di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai Khusus Desa Mekarsari, sehingga Program penanganan Stunting agar dapat diatasi dengan baik secara bersama sama dengan instansi terkait lainnya,” tutur Serma M. Amin mengakhiri.

BACA JUGA: BKKBN Sumsel Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Sriwijaya Expo

Hadir dalam kegiatan tersebut, PLKB Kecamatan Sungai Rumbai Sri Yulianti SAP beserta Staf, Kades beserta Perangkat Desa Mekar Sari dan Babinsa Koramil 428-02/Ipuh Serma M Amin. (rilis)

Kategori :