10 Manfaat Software HRD Berbasis Cloud Serta Tips Memilihnya

Rabu 26-10-2022,08:00 WIB
Reporter : Iqbal DJ
Editor : Iqbal DJ

Berikut ini adalah manfaat penggunaan software HRD berbasis cloud dalam manajemen SDM bagi bisnis Anda.

1. Penghematan Biaya 

Daripada membeli perangkat lunak secara langsung, software HRD berbasis cloud seperti Talenta by Mekari dapat digunakan dengan cara berlangganan dengan harga yang terjangkau. Pengeluaran yang Anda keluarkan akan sesuai dengan layanan yang digunakan. Sehingga perusahaan tidak perlu membayar fitur-fitur yang tidak dibutuhkan. Hal ini membuat manajemen SDM Anda lebih efisien.

2. Menghitung Payroll Secara Otomatis

Salah satu hal penting dalam manajemen SDM adalah pembayaran payroll. Mengelola payroll terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi tim HR karena banyaknya komponen yang mempengaruhi, seperti pajak penghasilan atau PPh 21, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, komponen lembur, THR, dan bonus. 

Penggunaan software HRD berbasis cloud dapat menyederhanakan tugas tersebut. Perusahaan tidak perlu lagi melakukan perhitungan payroll secara manual. Karena software HRD berbasis cloud yang akan mengerjakan perhitungannya secara otomatis, dengan integrasi antara payroll dan komponen-komponen yang berlaku. 

3. Memudahkan Laporan Bulanan

Software HRD berbasis cloud juga bermanfaat untuk menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti informasi payroll dan administrasi HR. Ada juga fitur Custom Report, yang memudahkan perusahaan untuk menyajikan laporan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Menjamin Keamanan Data Karyawan

Karena berkaitan dengan informasi pribadi karyawan, keamanan data menjadi hal yang sering dipertanyakan oleh perusahaan saat hendak menggunakan software HRD berbasis cloud. Kabar baiknya, seluruh data karyawan akan dienkripsi dan dipastikan terjaga kerahasiaannya dari pihak yang tidak berwenang. Selain itu, software HRD seperti Talenta by Mekari memiliki dua lapisan pengamanan atau yang lebih dikenal 2FA (Two-Factor Authentication).

5. Kemudahan Akses Informasi

Software HRD berbasis cloud memungkinkan perusahaan untuk memantau absensi karyawan lebih mudah. Informasi kehadiran karyawan ini juga termasuk keterlambatan atau kelebihan jam kerja. Kemudahan ini dapat membantu tim HR memantau performa kehadiran karyawan secara akurat dan cepat. 

Tips Memilih Software HRD

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu menentukan mana software HRD yang terbaik untuk perusahaan kamu. Yuk, simak apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih aplikasi HRD.

Perlindungan data pengguna

Menggunakan aplikasi berarti kamu memercayakan data sensitif perusahaan ke pihak penyedia layanan perangkat lunak online. HRIS software system yang tepercaya biasanya menawarkan perlindungan data pengguna melalui sistem keamanan yang tangguh, berlapis, dan tanpa celah.

Kategori :