7 Sungai Terpanjang di Indonesia, Sungai Musi Ada Gak ya?

Jumat 09-12-2022,14:23 WIB
Editor : Sri Devi

PALEMBANG,PALPRES.COM – Selain dikelilingi Laut dan Gunung, Indonesia juga memiliki banyak sekali sungai-sungai yang membentang di semua pulau.

Sungai-sungai ini memiliki ukuran yang berbeda- beda biasanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan, dan transportasi.

Konon katanya, sungai di Indonesia mencapai lebih kurang 70.000 batang sungai yang membentang di semua pulau di Indonesia.

Diantara banyaknya sungai di Indonesia tersebut, Sungai Musi termasuk ke dalam sungai terpanjang atau tidak ya?

BACA JUGA:Inilah Alasan Sumatera Selatan Disebut Batanghari Sembilan

Penasaran kan, yuk simak penjelasan berikut mengenai sungai terpanjang di Indonesia yang dikutip Palpres.com dari ilmugeografi.com yang wajib kamu ketahui.

1. Sungai Kapuas

Sungai pertama yang dikategorikan sebagai sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas. Sungai Kapuas ini merupakan sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Sungai kapuas ini merupakan sungai yang sangat terkenal dan sungai Kapuas ini juga dicatatkan sebagai sungai yang terpanjang di Indonesia diantara sungai- sungai di Indonesia lainnya.

Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 1.178 kilometer dan sungai yang diawali dari mata air yang asalnya dari Pegunugan Muler.

BACA JUGA:Komunitas Detector Sriwijaya Hibahkan 1000 keping Koin Sriwijaya Temuan Sungai Musi

Berawal dari mata air di Pegunungan Muller, sungai ini bermuara di Selat Karimata. Sungai Kapuas ini meruapakn sumber air bagi penduduk sekitarnya

Digunakan sebagai sarana transportasi. Penduduk di sekitar sungai Kapuas ini menggunakan arus sungai Kapuas menjadi sarana transportasi untuk menuju ke tempat- tempat lain dan juga untuk mengangkut berbagai macam barang dagangan untuk dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

Sungai Kapuas yang melegenda ini juga disebut dengan ama Sungai Lawai.

Penduduk yang tingga di sekitar sungai tersebut adalah penduduk Suku Dayak dan Melayu. Penduduk suku ini bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai ini.

Kategori :