Menilik Keindahan Arsitektur 7 Masjid di Indonesia, Nomor 6 Dapat Penghargaan Arsitektur Terbaik

Senin 10-04-2023,14:48 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Sri Devi

JAKARTA, PALPRES.COM - Indonesia adalah negara dengan mayoritas beragama Islam terbanyak di dunia.

Tak heran kalau kita bisa menemukan masjid dengan mudah dan dimana saja di berbagai penjuru di Indonesia. 

Menariknya, saat ini banyak masjid di Indonesia yang dibangun menggunakan gaya arsitektur kontemporer, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk berwisata religi dan mengunjungi tempat tersebut.

Tidak hanya mendatangkan ketenangan batin bagi siapa saja yang beribadah di dalam masjid tersebut. Namun keindahan dari arsitektur masjid di Indonesia itupun mampu membuat banyak orang berdecak kagum akan keindahannya.

BACA JUGA:7 Arsitektur Masjid Bersejarah di Indonesia yang Penuh Filosofi, Ada Majid Agung Palembang lho!

Mulai dari bangunan masjid yang megah, ukiran dan hiasan yang indah, hingga interior masjid yang unik sehingga mampu menarik wisatwan untuk mengunjunginya dan menjadi salah satu tujuan wisata religi di bulan Ramadan. Bahkan ada masjid yang pernah mendapat penghargaan arsitektur terbaik “Abdullatif Al Fozan Award” pada 2019 di Arab Saudi, bersama 26 masjid lain yang ada di dunia.

Berikut 7 masjid di Indonesia yang wajib di datengi sebagai tempat wisata religi dengan menikmati dan menilik keindahan arsitekturnya, yang di rekomendasikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

1. Masjid Sheikh Zayed, Solo

Masjid Sheikh Zayed merupakan destinasi wisata religi terbaru di Kota Solo yang didirikan sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA).

BACA JUGA:3 Masjid Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam, Begini Sejarahnya

Desain arsitektur masjid ini menyerupai Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, yang dibuat oleh arsitek bernama Yusef Abdelki.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dibangun pada tahun 2021 dan kini sudah dapat digunakan masyarakat semenjak diresmikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin.Dengan harapan mampu menjadi corong kedamaian dan kesejukan bagi masyarakat.

Meski bentuk masjidnya lebih kecil dari yang di Abu Dhabi, namun Masjid Sheikh Zayed memiliki warna yang sama dengan yang aslinya, yakni didominasi dengan warna putih dan tambahan ornamen emas.

Arsitektur Sheikh Zayed makin dipercantik dengan empat menara dan satu kubah utama dengan gaya arsitektur khas Timur Tengah. Ketika malam hari, warna lampu kebiruan makin memperindah bangunan masjid Sheikh Zayed.

BACA JUGA:Tiga Komponen Wajib Diperhatikan Dalam Membangun Masjid, Ini Pesan Gubernur Sumsel

Kategori :