Honda

Menilik Keindahan Arsitektur 7 Masjid di Indonesia, Nomor 6 Dapat Penghargaan Arsitektur Terbaik

Menilik Keindahan Arsitektur 7 Masjid di Indonesia, Nomor 6 Dapat Penghargaan Arsitektur Terbaik

Menilik Keindahan Arsitektur 7 Masjid di Indonesia, Nomor 6 Dapat Penghargaan Arsitektur Terbaik --kolase palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM - Indonesia adalah negara dengan mayoritas beragama Islam terbanyak di dunia.

Tak heran kalau kita bisa menemukan masjid dengan mudah dan dimana saja di berbagai penjuru di Indonesia. 

Menariknya, saat ini banyak masjid di Indonesia yang dibangun menggunakan gaya arsitektur kontemporer, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk berwisata religi dan mengunjungi tempat tersebut.

Tidak hanya mendatangkan ketenangan batin bagi siapa saja yang beribadah di dalam masjid tersebut. Namun keindahan dari arsitektur masjid di Indonesia itupun mampu membuat banyak orang berdecak kagum akan keindahannya.

BACA JUGA:7 Arsitektur Masjid Bersejarah di Indonesia yang Penuh Filosofi, Ada Majid Agung Palembang lho!

Mulai dari bangunan masjid yang megah, ukiran dan hiasan yang indah, hingga interior masjid yang unik sehingga mampu menarik wisatwan untuk mengunjunginya dan menjadi salah satu tujuan wisata religi di bulan Ramadan. Bahkan ada masjid yang pernah mendapat penghargaan arsitektur terbaik “Abdullatif Al Fozan Award” pada 2019 di Arab Saudi, bersama 26 masjid lain yang ada di dunia.

Berikut 7 masjid di Indonesia yang wajib di datengi sebagai tempat wisata religi dengan menikmati dan menilik keindahan arsitekturnya, yang di rekomendasikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

1. Masjid Sheikh Zayed, Solo

Masjid Sheikh Zayed merupakan destinasi wisata religi terbaru di Kota Solo yang didirikan sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA).

BACA JUGA:3 Masjid Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam, Begini Sejarahnya

Desain arsitektur masjid ini menyerupai Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, yang dibuat oleh arsitek bernama Yusef Abdelki.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dibangun pada tahun 2021 dan kini sudah dapat digunakan masyarakat semenjak diresmikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin.Dengan harapan mampu menjadi corong kedamaian dan kesejukan bagi masyarakat.

Meski bentuk masjidnya lebih kecil dari yang di Abu Dhabi, namun Masjid Sheikh Zayed memiliki warna yang sama dengan yang aslinya, yakni didominasi dengan warna putih dan tambahan ornamen emas.

Arsitektur Sheikh Zayed makin dipercantik dengan empat menara dan satu kubah utama dengan gaya arsitektur khas Timur Tengah. Ketika malam hari, warna lampu kebiruan makin memperindah bangunan masjid Sheikh Zayed.

BACA JUGA:Tiga Komponen Wajib Diperhatikan Dalam Membangun Masjid, Ini Pesan Gubernur Sumsel

2. Masjid Agung Tubaba, Lampung

Masjid Agung Tubaba, menjadi pusat ibadah terbesar di Lampung dan Islamic Center Tulang Bawang Barat memiliki salah satu ikon wisata religi yang mengapung di atas air.

Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dimana masjid ini memiliki menara setinggi 30 meter, yang melambangkan 30 juz dalam Al-Qur'an dan pada bagian kubah, kita akan menemukan bentuk persegi lima yang melambangkan jumlah salat lima waktu.

Saking indahnya, arsitektur Masjid Agung Tubaba, sang arsitek, Andra Matin, mendapat penghargaan arsitek tertinggi dari Venice Biennale Architecture di Venice Itali.

BACA JUGA:Cocok untuk Ngabuburit, Ini 5 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang

3. Masjid 99 Kubah, Makassar

Makassar juga memiliki masjid dengan gaya arsitektur unik dan menjadi ikon wisata religi, yakni Masjid 99 Kubah. Arsitek dari masjid ini adalah Ridwan Kamil. Makna pada masjid ini melambangkan Asmaul Husna.

Kubah masjid terdiri dari perpaduan kuning, warna merah, oranye yang mencolok namun tetap terlihat sangat indah.

Masjid ini berada di tepi Pantai Losari dan terlihat sangat cantik di saat matahari terbenam. Disana wisatawan akan melihat bangunan masjid dengan memancarkan cahaya jingga langit, dan air laut yang menawan.

BACA JUGA:11 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun

4. Masjid Al Jabar, Bandung

Sebagai ikon wisata religi di Jawa Barat, Masjid Al Jabar mampu menampung hingga 30 ribu jamaah dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya, seperti galeri edukasi tentang Islam dan museum.

Masjid ini terinspirasi dari rumus Al jabar, dengan ornamen yang simetris dan geometris di setiap sisinya.

Uniknya lagi, masjid ini dikonsepkan memiliki 27 pintu, yang menyimbolkan 27 kabupaten dan Kota di Jawa Barat dengan ukiran yang khas. Keistimewaan lain dari masjid ini adalah atap tumpuk yang berbentuk kerucut dengan kaca warna-warni.

BACA JUGA:9 Wisata Religi di Palembang, Satunya Dibangun Tahun 1728

5. Masjid Babah Alun

Memiliki konsep semi klasik, arsitektur Masjid Babah Alun terlihat mencolok saat kita memasuki gerbang tol Depok-Antasari (Desari).

Secara sekilas, masjid ini terlihat seperti klenteng, akan tetapi pada bagian tengah bangunan terdapat sebuah kubah yang menjadi ciri khas sebuah masjid.

Masjid ini didominasi dengan perpaduan warna merah, hijau, dan kuning emas yang kental dengan nuansa Tionghoa. Warna-warna tersebut melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kejayaan. Tak lupa, unsur Betawi turut mewarnai bagian pagar masjid.

BACA JUGA:Kabupaten Termuda di Sumsel Ini Miliki Potensi Wisata Alam, Apa Saja Ya?

6. Masjid Al Safar

Masjid kontemporer berikutnya adalah Masjid Al Safar. Berada di rest area km 88 Tol Purbaleunyi, arsitektur Masjid Al Safar selalu menarik perhatian pengguna jalan tol. Masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil dengan mengambil riset teori Folding Architecture, atau teknik melipat kertas (origami).

Keunikan masjid ini terletak pada bentuknya yang asimetris, dengan atap masjid menyerupai ikat kepala khas masyarakat Sunda. Selain itu, masjid ini menghadap ke depan dengan bentuk diagonal.

Sehingga, wisatawan, bisa melihat bangunan masjid Al Safar saat melintasi tol. Karena memiliki desain yang unik, Masjid Al Safar pernah mendapat penghargaan arsitektur terbaik “Abdullatif Al Fozan Award” pada 2019 di Arab Saudi, bersama 26 masjid lain yang ada di dunia.

 

BACA JUGA:Menikmati Kopi Sambil Berwisata Mata

7. Masjid Permata Qolbu, Jakarta

Mengusung desain kontemporer, Masjid Permata Qolbu berdiri tegak di daerah Perumahan Permata Mediterania, Jakarta.

Masjid ini didominasi warna putih dengan kolom-kolom besar yang menjulang ke atas dan bersekat-sekat.

Interior kolom tersebut terinspirasi dari jari-jari manusia yang sedang berdoa dan membentuk lafaz Allah pada bagian kubah. Pada malam hari, wisatawan dapat melihat lampu-lampu yang membuat arsitektur masjid terkesan makin mewah.

BACA JUGA: Menelusuri Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo

Itulah tadi 7 masjid di Indonesia yang wajib di datengi sebagai tempat wisata religi dengan menikmati keindahan arsitekturnya, yang di rekomendasikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Yuk, kunjungi masjid-masjid indah tersebut sambil fokus beribadah di bulan Ramadan ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: