Simak! Ada 5 Hewan yang Dilarang Dibunuh dalam Islam

Kamis 29-06-2023,14:26 WIB
Reporter : Trisno Rusli
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ada 5 hewan yang dilarang dibunuh dalam Islam. Hal ini mengingat, hewan merupakan makhluk hidup ciptaan Allah subhanahuwataallah yang juga harus kita sayangi.

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tentunya kita selalu melihat hewan-hewan kecil terkadang yang mengganggu.

Dan tak jarang kebanyakan orang-orang yang membunuhnya, tanpa ada lasan yang jelas bahkan kebanyakan orangpun tidak merasa bersalah meskipun telah membunuhnya.

Kamu harus tau kalau dalam islam, dari sekian banyaknya hewan memang ada yang dibolehkan untuk dibunuh, akan tetapi ada juga beberapa hewah yang haram untuk dibunuh, apalagi tanpa alasan yang jelas.

BACA JUGA:HORE! Bansos PKH 2023 Tahap 3 Segera Cair, Cek Nama Kamu di Sini

Oleh sebab itu maka tidak semua hewan kecil yang kerap kali mengganggu kita harus dibunuh meskipun jumlah populasinya terbilang banyak dan tak terbatas.

Terkait tentang haramnya membunuh hewan tentunya mempunyai dasar yang baik dari Alquran dan hadits nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

Sudah pasti setiap hewan yang haram dibunuh mempunyai alasan yang tertentu, maka oleh karena itu kita sebagai umat Islam untuk mematuhi larangan itu.

Dilansir dari berbagai sumber dan telah kami rangkum berikut ini 5 hewan yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran Islam karena bisa bikin kamu melarat.

BACA JUGA:GERCEP DAFTAR! Sebentar Lagi Seleksi Mandiri Jalur Nilai UTBK Universitas Brawijaya Malang Tutup Loh

1. Semut

Semut adalah binatang yang kecil dan kerap kali mengganggu kita, akan tetapi semut merupakan hewan yang dipercaya selalu bertasbih kepada Allah tidak hanya itu hewan kecil ini juga merupakan bala tentara Allah yang terbanyak, dan semut salah satu hewan yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran Islam.

Dari abu Hurairah, hadist yang diriwayatkan oleh imam Muslim Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda "Salah satu seekor semut pernah meggigit seorang nabi, kemudian nabi mengutus seseorang untuk mendatangi sarang semut itu dan dibakarnya.

Kemudian Allah subhanahuwataallah menurunkan wahyu kepadanya, seekor semut hanya menggigitmu lalu kalian membasmi satu umat yang selalu bertasbih kepadaku"

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha dengan Lezatnya Model Ikan dan Tekwan Khas Palembang

Kategori :