KABAR GEMBIRA! Mahasiswa Punya Jiwa Usaha, Wajib Ikuti Program Wirausaha Merdeka, Ini Link Pendaftaranya

Jumat 30-06-2023,15:47 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

JAKARTA, PALRES.COM- Kabar gembira bagi mahasiswa-mahasiswi yang ada di Indonesia.

Bila kalian memiliki jiwa usaha? Cobain deh program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudrustek).

Saat ini ada 34 perguruan tinggi akademik dan penyelenggara pendidikan vokasi terpilih sebagai perguruan tinggi pelaksana Program Wirausaha Merdeka (PWM) angkatan kedua tahun 2023.

Program ini sendiri salah satu implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

BACA JUGA:Lulusannya Banyak yang Sukses! 7 Kampus Paling Diminati di Yogyakarta, Nomor 5 Dikenal Mahasiswa Seni Berbakat

Dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi untuk mengasah jiwa keriwausahaan mereka, sekaligus meningkatkan pengalaman dan daya kerja mereka.

Selama mereka mendapatkan pendidikan akan didampingi praktisi ahli serta akademisi yang memang mempunyai kemampuan di bidang bisnis, serta langsung dipraktikkan.

Sehingga nanti mereka bisa mendapatkan gambaran nyata tentang bagaimana menjalankan bisnis dengan baik.

Dikutip dari laman resmi Kemendikbudristek, Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi mengatakan, PWM angkatan kedua ini dirancang agar bisa menumbuhkan minat-minat adik mahasiswa-mahasiswa untuk beriwausaha.

BACA JUGA:Incaran Calon Mahasiswa Baru, Ini 9 Jurusan dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan, Nomor 6 Paling Populer

“Jadi mereka itu diberikan ilmu dasar secara langsung, mulai dari desain perencaan yang matang hingga bisa menghasilkan hal yang bermanfaat,” kata Sri dikutip pada 30 Juni 2023 oleh Palpres.com

Melalui program ini, mereka juga akan memiliki kemampuan mengidentifikasi dan merespon peluang, kemampuan perencanaan, serta kepercayaan diri dan orientasi terarah.

“Belajarnya tidak full, belajar selama satu semester tersebut diharapkan menjadi nilai tambah yang sangat bernilai sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa,” ujarnya.

Untuk angkatan pertama di tahun 2022 lalu, terdata lebih dari 11.000 mahasiswa-mahasiswi yang memiliki kesempatan untuk mengasah kompetensi kewirausahaan dari 17 perguruan tinggi terpilih.

BACA JUGA:10 Kampus di Indonesia dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja, Nomor 4 Primadona Calon MABA

Kategori :