Mengenal Sahabat Nabi yang Dapat Gelar Sang Pintu Ilmu, Siapakah Dia?

Sabtu 08-07-2023,11:58 WIB
Reporter : Indah Zahrotul Jannah
Editor : Trisno Rusli

Setelah itu datanglah orang kedua yang akan bertanya kepada Ali dengan pertanyaan yang sama mana penting antara harta dan ilmu.

Jawaban Ali tetap sama yang lebih penting adalah ilmu.

Dengan dasar karena ilmu dapat menjaga kamu sedangkan harta kamu yang harus menjaganya.

Orang ketiga pun bertanya dengan pertanyaan yang sama dan jawaban yang ternyata sama hanya berbeda pada dasarnya saja yaitu orang yang memiliki harta pasti akan banyak musuh sedangkan orang yang memiliki banyak ilmu pastinya akan memiliki banyak teman.

BACA JUGA:Kisah Nu'aiman, Sahabat Nabi yang Suka Mabuk Tapi Masuk Surga Sambil Tersenyum

Setelah itu datang lagi orang ke-4 menanyakan hal yang sama dan diberikan jawaban yang sama namun dengan dasar yang berbeda.

Jawaban yang diberikan Ali adalah Jika kamu memberikan harta maka harta kamu akan berkurang dan apabila kamu memberikan ilmumu maka ilmumu Justru malah akan bertambah.

Kemudian datanglah orang kelima membawa pertanyaan yang sama dan diberikan jawaban yang sama namun seperti yang tadi memiliki dasar yang berbeda.

Orang yang punya banyak harta akan mendapat gelar atau penjulukan pelit dan tercela ataupun hal-hal yang tidak baik sedangkan Jika kamu seseorang yang berilmu maka kamu pasti akan mendapatkan sebutan-sebutan yang terhormat seperti orang yang mulia.

BACA JUGA:Tahukah Kamu! Inilah 7 Sahabat Nabi yang Paling Banyak Meriwayatkan Hadits

Kemudian datang lagi orang keenam dengan masih pertanyaan yang sama yaitu mana lebih utama harta atau ilmu.

Kemudian dijawab dengan Ali yaitu ilmu tapi dengan dasar lagi yang berbeda yaitu Jika kamu memiliki harta maka harta tersebut perlu dijaga dari orang yang suka mencuri Sedangkan ilmu tak perlu dijaga dari orang yang suka mencuri.

Datanglah orang ketujuh dengan pertanyaan yang sama dan Ali pun menjawab dengan pertanyaan yang sama yaitu yang lebih penting adalah ilmu.

Tapi dengan dasar yang berbeda bahwa harta nantinya akan dihisab di hari kiamat Sedangkan ilmu justru akan menjadi penolong kita di hari kiamat.

BACA JUGA:Hassan bin Tsabit, Sahabat Nabi Yang Tak Pandai Berkelahi Tapi Syairnya Mampu Ciutkan Nyali

Kemudian datanglah orang yang ke-8 lagi dan Ali masih memberikan jawaban yang sama yaitu lebih penting ilmu.

Kategori :