Mau Tidur Berkualitas? Begini Adab Sebelum Tidur yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Rabu 12-07-2023,10:01 WIB
Reporter : Hendra Djamal
Editor : Sulis Utomo

Dari Bara bin Azib radhiyallahu anhu berkata bahwa ketika Rasulullah akan tidur, beliau berbaring di sisi kanan dan berdoa:

“Ya Allah aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku serahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepadaMu.”

Adab keenam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW guys, adalah mendirikan shalat witir sebelum tidur, sebagaimana disampaikan Abu Hurairah tentang wasiat SAW kepadanya. Abu Hurairah berkata,

BACA JUGA:10 Objek Wisata Terpopuler di Provinsi Lampung, Titik Nol Pulau Sumatera Ada di Sini

 “Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat Shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1981).

 Ada juga adab yang ketujuh guys yakni mengibaskan tempat tidur. 

Hal ini sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR Al Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, dan Abu Daud).

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Jadwal Pencairan Bansos BPNT Tahap 3, Tiap KPM Dapat Rp600.000, Ambilnya di Pos

Jadi, mari kita jalani semua yang diajarkan Rasulullah SAW tersebut, untuk kebaikan dan kepentingan kita sebagai umatnya. *

 

 

 

 

 

Kategori :