Kisah Sahabat Nabi! Muhammad bin Maslamah, Salah Satu Paspampres-nya Rasulullah SAW

Kamis 13-07-2023,03:55 WIB
Reporter : Rida Satriani
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG, PALPRES.COM – Meskipun Rasulullah gagah perkasa dan kuat, tetap ada sahabat nabi yang bertugas menjadi ‘paspampres’ alias pasukan pengamanan yang memastikan dan melindungi keselamatan Rasul SAW di medan tempur. Salah satu paspampres terbaik itu adalah Muhammad bin Maslamah.

Sebenarnya, ada banyak sahabat nabi yang menjadi pasukan keamanan, seperti yang dilakukan Ali bin Abi Thalib ketika Rasul kedatangan tamuatak saat Rasul sedang tidur di Masjid Nabawi yang kadang digala oleh Sa’ad bin Abi Waqqash.

Lain halnya ketika di beberapa peristiwa, Rasulullah sebih sering dijaga secara langsung oleh sahabat hebat bernama Muhammad bin Maslamah, sahabat nabi dari Anshar yang cerdas dan pemberani.

Apakah kamu pernah mendengar nama itu? Siapakah beliau?

BACA JUGA:Mengenal Sahabat Nabi Usamah Bin Zaid, Panglima Perang Termuda

Memiliki nama yang persis dengan nama Rasulullah, tetapi tentu Baginda yang telah lebih dulu mempunyai nama mulai tersebut.

Karena Muhammad bin Maslamah lahir pada 31 tahun sebelum hijrahnya Rasul. Lebih tepatnya, beliau lebih muda 22 tahun dari Rasulullah SAW.

Muhammad bin Maslamah masuk Islam melalui perantara Mushab bin Umair yang merupakan ambassador pertama Islam.

Sehingga Muhammad bin Maslamah menjadi pembela Mushab ketika pertama kali berdakwah di Madinah.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Ukkasyah bin Mihshan, Maju Perang dengan Ranting yang Jadi Pedang

Beliau ini dikenal sebagai tentara elit yang gagah perkasa, bahkan Imam Adz Dzahabi menggambarkan postur badan Muhammad bin Maslamah dalam Kitab Siyar A’lam An Nubala, yang berarti ‘tubuhnya tinggi besar, berkulit agak gelap, dan rambut yang tipis.’

Dari deskripsi singkat tersebut kita jadi bisa membayangkan sosok sahabat satu ini yang memang sangat cocok menjadi seorang tentara elit penjaga Rasulullah SAW.

Lebih hebatnya lagi, Rasul mempersaudarakan Muhammad bin Maslamah dengan sahabat dahsyat dari Muhajirin yang bergelar ‘orang paling amanah di umat ini’, yaitu Abu Ubaidillah bin Al Jarrah.

Dalam sejarah, tercatat bahwa Muhammad bin Maslamah merupakan penjaga tenda Rasul di Perang Uhud.

BACA JUGA:Mengenal Sahabat Nabi yang Ditakuti Setan, Umar bin Khattab!

Kategori :