Mengenal Pengasuh Rasulullah SAW Barakah binti Tsa'labah

Senin 17-07-2023,23:51 WIB
Reporter : Ismail Pratama
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kebanyakan para sahabat nabi mengenal dengan Kun yahnya dibanding dengan nama aslinya. Begitu juga dengan Ummu Aiman.

Nama Aslinya adalah Barakah binti Tsa'labah bin Amr bin Hishn. Kun Yahnya diambil dari nama anaknya Aiman. Sehingga sering di panggil dengan sebutan Ummu Aiman (Ibunya Aiman).

Ummu Aiman merupakan orang yang termasuk pertama kali memeluk agama Islam dan ikut berhijrah ke Habasyah dan Madinah. Dia juga seorang wanita yang berbaiat dengan Nabi Muhammad Saw.

Dilansir dari kisah muslim dalam artikel ini kita akan mengenal siapa pengasuh Rasulullah Saw.

BACA JUGA:Asal Mula Cicak Boleh Dibunuh Terdapat pada Kisah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS

Saat Ummu Aiman bersama Rasulullah Saw. ada kisah pristiwa yang menarik saat sedang bersama Rasulullah, ketika salah satu Putri Rasulullah akan meninggal, beliau mendekapnya di dalam dadanya.

Dan Rasulullah meletakan tangannya kepada putrinya kemudian meninggal saat Rasulullah sedang memeluknya.

Ummu Aiman melihat hal itu menangis, dan Rasulullah menanyakan kepadanya kenapa dia menangis, padahal dia ada di sisinya.

Ummu Aiman mengatakan bagaimana dia tidak menangis sedangkan Rasulullah saja menangis.

BACA JUGA:Kisah Syahidnya Khalifah Umar bin Khattab dan Wasiatnya

Rasulullah mengatakan beliau menangis bukan karena musibah tapi dia menangis karena kasih sayang kepada anaknya.

Rasulullah melanjutkan perkataannya bahwa setiap mukmin dalam kondisi yang baik. Nyawanya terpisah dari tubuhnya sedang dia memuji Allah subhanahuwataallah.

Kemudian Rasulullah memanggil Ummu Aiman dengan sebutan 'Wahai Ibu' ketika memandang Ummu Aiman. dan Rasulullah berkata ini bagian dari keluarga ku.

Suatu hari ketika Rasulullah Saw wafat, Abu Bakar dan Umara berkunjung ketempat Ummu Aiman sebagai dulu biasa mengunjunginya.

BACA JUGA:Resep Abura Soba ala D.O. EXO Versi Halal! Sajian Mie Khas Jepang yang Nikmat

Kategori :