Kisah Utsman bin Affan, Sahabat Rasulullah yang Digelari Dzun Nurain

Kamis 24-08-2023,02:31 WIB
Reporter : Rida Satriani
Editor : Trisno Rusli

Ikutilah ajarannya, dan kamu akan menemukan kebahagiaan yang lebih besar daripada penyesalanmu karena lambat melamar anak Muhammad.”

Sahabat nabi ini segera pergi dan di tengah perjalanan bertemu dengan Abu Bakar, lalu beliau pun menceritakan hal yang dikatakan bibinya.

Abu Bakar berkata bahwa semua yang dikatakan oleh bibinya adalah sebuah kebenaran dan orang yang telah diutus sebagai nabi adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib.”

Sahabat nabi ini kembali bertanya apakah Muhammad yang dimaksud adalah seseorang yang selalu dipercayai itu.

BACA JUGA:Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya Buat 3D Virtual Tour Museum Balaputra Dewa, Gimana Cara Kerjanya?

Memang benar, Nabi Muhammad sebelum menjadi nabi adalah sosok yang sangat dipercayai oleh orang Quraisy, bahkan semua barang atau harta mereka dititipkan saking begitu dipercayanya Nabi Muhammad.

Abu Bakar kembali menjawab dengan benar bahwa Muhammad telah berseru kepada seluruh umat untuk menyembah hanya kepada Allah.

Allah berbeda dengan tuhan-tuhan orang Quraisy yang hanya menyembah batu atau berhala, padahal benda-benda itu tidak dapat mendengar dan bisa melihat.

Akhirnya, dengan memahami kalimat yang dilontarkan Abu Bakar, Usman pun memilih memeluk Islam.

BACA JUGA:10 Jurusan Soshum Favorit di Universitas Padjadjaran Pada SNBT 2023, Apa Saja Keunggulannya?

Begitulah cerita mengenai salah satu sahabat Rasulullah yang terpandang dan kaya raya tetapi memiliki sifat yang tawadhu, sehingga Rasul pun sayang kepadanya.

Bahkan, Rasulullah telah menikahkan dua orang anaknya yang membuat Utsman digelari Dzun Nurain.*

Kategori :