Hartono, VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk, menjelaskan, selaras dengan infrastruktur yang telah didukung, pihaknya juga memberikan pelatihan peningkatan kompetensi membantik kepada kelompok.
“Ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengrajin dalam menghasilkan produk berkualitas, sehingga Batik Kujur dapat dikenal secara luas oleh masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan masyarakat setempat secara umum,” ungkapnya.
Promosi dan pemasaran produk Batik Kujur dilakukan melalui berbagai platform online seperti Shopee, Tokopedia, Pasar Digital (PaDi), serta Rumah BUMN Muara Enim.
Produk ini juga dapat ditemukan di toko-toko kain di sekitar perusahaan.
Sebagai upaya memperkenalkan Batik Kujur pada tingkat nasional dan internasional, perusahaan telah memasukkan produk ini dalam berbagai acara, termasuk New York Indonesia Fashion Week yang diselenggarakan pada 11 Februari 2023 di New York.
Bekerja sama dengan desainer berbakat Eva Yasul, asal Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, PTBA berhasil memamerkan Batik Kujur dalam acara mode internasional tersebut.
Harapannya, eksposur ini akan membantu meningkatkan popularitas Batik Kujur, dan pada akhirnya mendukung melestarikan budaya daerah sambil meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
Dengan keikutsertaannya dalam berbagai ajang seperti Indonesia Fashion Week 2022, Icraft 2022, dan berbagai pameran lainnya, PT Bukit Asam Tbk terus memperkuat komitmennya dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya Indonesia serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. *