KAGET! Komisi XI DPR RI Temukan Realisasi Dana TKD Sumsel Sampai Segini?

Jumat 06-10-2023,21:08 WIB
Reporter : Dian Cahyani F
Editor : Dian Cahyani F

Untuk Sumatera sampai dengan periode triwulan II 2023 di angka 5,24%. 

Capaian ini tentunya merupakan hasil sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah di regional Sumsel. 

Sementara itu Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan, Lydia Kurniawati Christyana yang menyampaikan, dana Transfer ke Daerah (TKD) yang menghubungkan antara keuangan di tingkat pusat dan daerah. 

TKD sampai dengan Agustus telah terealisasi sebesar Rp16,19 triliun (55,56%), sesuai Siaran Pers Nomor: SP-20/PWK.6/2023 Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumsel dari realisasi periode yang sama tahun lalu. 

Melalui perimbangan keuangan antara pusat dan daerah dapat dicapai harmonisasi antara program yang menjadi prioritas nasional dan prioritas daerah. 

Komitmen untuk melakukan sinkronisasi keuangan pusat dan daerah akan meminimalisasi duplikasi atau tumpang tindih program serta ketimpangan antar daerah. 

Ragam sinergi yang telah dilakukan untuk wilayah Sumsel yang dilakukan Kementerian Keuangan dengan para stakeholders di daerah antara lain melalui pelaksanaan forum ALCo regional.

Kemudian penguatan local taxing power, pembinaan UMKM, implementasi crash program piutang negara, serta berbagai analisis terkait dengan peluang investasi di daerah. 

Capaian atas program prioritas nasional dalam bentuk pembangunan akses jalan tol di wilayah Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu fokus utama yang disampaikan.

 Pengembangan konektivitas melalui infrastruktur jalan akan dapat semakin mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumsel. 

Tim Komisi XI DPR RI menyampaikan apresiasi atas kinerja yang baik melalui tercapainya target pembangunan untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan. 

Kunker Komisi XI DPR RI di masa reses ini akan menjadi masukan berharga yang akan disampaikan pada masa sidang komisi periode selanjutnya. 

Dengan terjalinnya sinergi yang baik antara wakil rakyat dan pemerintah, maka pengawalan terhadap progres pembangunan terlaksana dengan baik untuk mewujudkan good governance di Sumsel. *

 

Kategori :