WOW! Pemkab Muba Bakal Dapat Jatah Dana Alokasi Khusus Rp145 Milyar Tahun 2024

Jumat 13-10-2023,09:50 WIB
Reporter : Sulis Utomo
Editor : Sulis Utomo

MUBA, PALPRES.COM - Percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Serasan Sekate di tahun 2024, tampaknya bakal berjalan maksimal.

Hal ini juga didukung oleh kucuran dana dari Pemerintah Pusat kepada Pemkab Muba melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024.

Soalnya tahun depan, DAK yang bakal diperoleh Pemkab Muba sebesar Rp145 Milyar. 

"Kucuran DAK Tahun Anggaran 2024 ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin, juga harus dikawal oleh OPD terkait," ungkap Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi Mahmud saat mengikuti Rapat Virtual Sosialisasi Tahapan Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan (URK) DAK Fisik Tahun Anggaran 2024 di Ruang Rapat Serasan Sekate, Kamis 12 Oktober 2023.  

BACA JUGA: BLT BPNT dan PKH Cair ke KPM 81 Daerah Ini, Kamu Juga Termasuk?

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT Cair Serentak ke ATM Minggu Ini, Cek Penerima Bisa via HP!

Ia mengingatkan, DAK Tahun Anggaran 2024 dari Pemerintah Pusat nantinya akan meliputi di berbagai sekto, diantaranya sektor Pendidikan, Pertanian, Kesehatan, dan beberapa sektor lainnya.

"Ini harus kita maksimalkan demi percepatan pembangunan infrastruktur dan kualitas SDM di Kabupaten Muba," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Dana Transfer Khusus DIPK Kementerian Keuangan, Dr Purwanto MSc meminta kepada penerima DAK untuk proses administrasi lainnya harus dipatuhi.

"Manfaatkan sebaik mungkin, dan proses penagihan tahap pertama harus sudah dilakukan sebelum Juli 2024," tandasnya.  

BACA JUGA:Inilah Manfaat Menabung, Tips Agar Tidak Miskin di Hari Tua

BACA JUGA:Nissan Luncurkan Senjata Barunya, Harganya Cuma Segini, Mobil Terbaru 2023

Sebelumnya, untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Musi Banyuasin, Pemkab Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan H Apriyadi Mahmud bakal jalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang.

Hal ini diketahui saat Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud menerima audiensi Ketua STISIPOL Candradimuka Palembang Dr Hj Lishapsari Prihatini MSi beserta jajarannya di Kantor Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang, Rabu 4 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Ketua STISIPOL Candradimuka Palembang Dr Hj Lishapsari Prihatini MSi menyampaikan bahwa pihaknya siap menjalin kerjasama dengan Pemkab Muba untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Muba, serta membantu mengembangkan kualitas para pegawai di lingkungan Pemkab Muba.

Kategori :