ASYIK! Nama Calon Penerima Manfaat Bantuan PKH Sudah Keluar, Uang Gratis Hingga Rp500.000 Auto Cair

Selasa 31-10-2023,04:21 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Sri Devi

Perubahan periode salur ini setelah Kementerian Sosial mengeluarkan aturan baru terkait skema pencairan PKH lewat PT Pos Indonesia dan KKS Bank Himbara.

Selain itu, para KPM juga bisa mengecek namanya lewat Cek Bansos melalui link resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Adapaun kategori penerima untuk anak SD mendapatkan bantuan Rp150.000, anak SMP mendapatkan Rp250.000 sedangkan anak SMA mendapatkan alokasi bantuan Rp333.333 untuk periode bulan September-Oktober.

Lalu untuk kategori lanjut usia dan penyandang disabilitas berat mendapatkan bantuan Rp400.000.

BACA JUGA:MANTAP! 2 Bansos Tambahan Uang Tunai dan Pangan Cair Dobel Hari Ini, Kamu Termasuk?

Sementara kategori ibu hamil dan balita 0-6 tahun mendapatkan alokasi bantuan Rp500.000.

Dalam penyalurannya, bantuan ini disalurkan melalui dua tahapan yakni melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Bagi KPM di 83 wilayah di Indonesia yang proses pencairan PKH lewat PT Pos Indonesia, maka akan mendapatkan alokasi bantuan untuk 3 bulan seperti Juli-September dan Oktober-Desember 2023.

Sedangkan untuk KPM di 431 daerah lainnya yang penyalurannya lewat KKS Bank Himbara maka bantuan yang diterima untuk alokasi 2 bulan yaitu Juli-Agutus, September-Oktober dan November-Desember 2023.

BACA JUGA:POSITIF, 3 Bansos Cair Hari Ini, KPM yang Belum Dapat Segera Cek Nama Anda di Link Ini

Namun pencairan lewat KKS Bank Himbara, atau lewat ATM ini biasanya lebih cepat dibandingkan yang lewat PT Pos Indonesia, karena perbankan langsung mentransfer bantuan ke dalam rekening KPM dan tidak perlu mencetak undangan dan Menyusun jadwal pencairan bantuan seperti di PT Pos Indonesia.

Lalu, untuk Bantuan Pangan Non Tunai atau bantuan program sembako tunai juga sudah mulai ada perkembangan proses pencairannya di Kemensos RI.

Terpantau di SIKS-NG saat ini Sebagian KPM BPNT sudah muncul keterangan berhasil cek rekening, dan sebagian lagi masih dalam proses verifikasi rekening.

Ada dua hasil yang didapat dalam tahap verifikasi rekening ini yaitu Behasil cek rekening dan Gagal cek rekening.

BACA JUGA:Siap-Siap! 2 Bansos Kemensos Siap Disalurkan Bulan November, Penerima Manfaat Segera Siapkan 3 Syarat Ini Ya

Jika hasil verifikasi rekening dinyatakan berhasil cek rekening, maka KPM dinyatakan lolos dan masuk ke tahap selanjutnya.

Kategori :