Kulit Wajah Sering Bermasalah, Mungkin Karena Over Eksfoliasi, Yuk Kenali Tanda-tandanya

Rabu 01-11-2023,16:09 WIB
Reporter : Diah Gunderi
Editor : Bethanica

BACA JUGA:Keajaiban Daun Kelor untuk Kulit Wajah Cerah, Jerawat dan Flek Hitam Kabur, Begini Cara Pakainya

2. Kulit wajah menjadi kering dan Mudah mengelupas

Eksfoliasi bekerja dengan cara mengangkat atau membuang sel kulit mati pada wajah, namun jika wajahmu terlihat mengering dan mengelupas, itu menjadi tanda wajah kamu over eksfoliasi. 

Selain dapat menyebabkan rasa perih di wajah, kulit yang mengelupas juga membuat penampilan kurang menarik. 

Jika menggunakan bedak, baik itu bedak tabur maupun compact powder (bedak padat), tidak akan dapat menempel sempurna pada wajah akibat dari kulit wajah yang kering dan mengelupas ini.

BACA JUGA:Keripik Kentang Termasuk, Inilah 5 Makanan yang Bikin Wajah Tampak Tua, Segera Hindari!

3. Munculnya Jerawat kecil

Jika selama ini wajah kamu tidak pernah ditumbuhi oleh jerawat, tapi belakangan setelah menggunakan produk eksfoliasi wajahmu malah muncul jerawat-jerawat kecil, bahkan nyaris memenuhi wajahmu, bisa jadi itu akibat dari wajah kamu terlalu sering dieksfoliasi. 

Sebaiknya hentikan eksfoliasi tersebut sampai jerawatmu membaik, karena saat wajah ditumbuhi jerawat, kemudian dilakukan eksfoliasi, maka justru akan memperparah kondisi wajah.

4. Wajah mengalami Iritasi

Walaupun mengekspoliasi wajahadalah cara yang baik untuk merawat kulit, tetapii kita tidak boleh terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa membuat kulit wajah akan menjadi iritasi. 

Pada Kulit yang iritasi ditandai dengan kulit terasa perih seperti terluka, ini dikarenakan Kulit menjadi iritasi setelah lapisan kulit terkikis oleh produk kosmetika yang mengandung bahan eksfoliasi. 

BACA JUGA:Auto Muka Glowing! Cukup Lakukan 2 Langkah Ini Untuk Mencerahkan Wajah dengan Lidah Buaya

5. Muncul ruam kemerahan

Melakukan tindakan eksfoliasi secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kulit mengalami bercak merah atau yang disebut juga dengan ruam. 

Ruam kemerahan  yang tidak merata ini adalah luka yang diakibatkan pada saat kamu melakukan  eksfoliasi secara berlebihan. 

Kategori :