4. Lebih Murah dari Terowongan Darat
Menariknya, tol bawah laut IKN ini lebih murah bila dibandingkan dengan terowongan darat Sumbar yang dibangun oleh investor di Jepang.
Informasinya, terowongan tol Sumbar merupakan bagian dari ruas tol Padang-Pekanbaru yang lebih tepatnya berda di seksi Payakumbuh-Pangkalan.
BACA JUGA:5 Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rp1,8 Miliar
Terowongan ini akan menembus perut Bukit Barisan dan menggunakan dua metode yakni New Australian tunai method atau NATM dan metode tunneling boring machine atau TBM.
Jika Indonesia berhasil membangun tol bawah laut ini, maka akan sejajar dengan negara-negara maju tersebut.
5. Kontroversi Tol Bawah Laut
Dibalik dukungan warga Kalimantan Timur terhadap proyek tol bawah laut ini, baru-baru ini heboh terkait desain tol bawah laut Jawa - Bali yang rencananya di daerah poros Situbondo dan Banyuwangi yang akan menuju Pantai Pura Segara Rupek Buleleng Bali.
BACA JUGA:Pemkab Mura Apresiasi Kinerja Positif Tim Pemeriksa BPK, yuk Simak Beritanya
BACA JUGA:5 Hal ini akan Dirasakan Siswa SMK saat Prakerin, Nomor 4 Kena Banget
Terowongan bawah laut ini akan dibuat dari kaca transparan yang anti pecah.
Sementara untuk pondasinua akan mengusung konsep sub merger flooring to know.
Diballik isu ini banyak yang mersa bahwa proyek ini akan mendapatkan banyak penolakan apalagi berdasarkan sejarahnya Pulau Jawa dan Bali dilarang untuk menyatu secara langsung.
6. Mulai Beroperasi
BACA JUGA:Pemkab Mura Apresiasi Kinerja Positif Tim Pemeriksa BPK, yuk Simak Beritanya