Siku dan Lutut Gelap Bikin Nggak Pede? Begini Cara Mencerahkannya

Sabtu 25-11-2023,06:01 WIB
Reporter : Diah Gunderi
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Mempunyai siku dan lutut yang hitam akan mengurangi rasa percaya diri, terutama bagi kamu yang suka menggunakan baju yang berlengan pendek dan juga mengenakan celana atau rok yang panjangnya diatas lutut.

Siku maupun lutut adalah area tubuh yang mempunyai warna kulit yang cenderung lebih gelap dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. 

Hal ini dikarenakan pada tubuh bagian siku dan lutut merupakan bagian tubuh yang paling kerap mendapatkan gesekan, oleh karena itulah warnanya lebih hitam dari bagian tubuh yang lain.

Selain itu, siku dan lutut yang menghitam juga bisa terjadi karena berbagai kondisi lainnya. 

BACA JUGA: Selain Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut, Ini Sejumlah Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

Misalnya, konsumsi obat tertentu, adanya kondisi medis khusus seperti sindrom Addison, obesitas, dan lainnya, hormon yang tidak seimbang, dan hiperpigmentasi pada kulit. 

Ada orang yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih, keadaan bagian tubuh yang menghitam tersebut seringkali terjadi. 

Terkadang bukan hanya bagian siku dan lutut tetapi juga bagian belakang leher dan lipatan-lipatan leher akan terlihat  berwarna hitam dan seperti berkerak.

Adapun penyebab siku dan untuk menghitam, antara lain:

BACA JUGA:6 Skincare Aloe Vera Terbaik untuk Atasi Berbagai Macam Masalah Kulit, Bisa Jadi Body Care Lho

1. Paparan cahaya matahari

Pada saat kamu aktivitas di bawah sinar matahari, Pakailah tabir surya ataupun sunblock, terutama ketika kamu hendak beraktivitas di luar ruangan untuk waktu lama.

Terutama jika terpapar di bawah sinar matahari, pada pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore, dimana matahari sedang mengandung UV A dan UV B yang sangat tinggi.

Tanpa adanya perlindungan, area siku dan lutut sangat rentan menghitam karena paparan cahaya matahari. 

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Tawas Untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan, Salah Satunya Dapat Menghempaskan Bau Badan

Kategori :