Guna mengatasi masalah infrastruktur ini, Pemerintah Sumatera Barat mengajukan pembangunan jembatan layang.
BACA JUGA:Telan Dana Rp500 Miliar, Pembangunan Jalan Tol di Jawa Barat Ini Mangkrak 17 Tahun, Kok Bisa?
BACA JUGA:Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Mustahil Bela Timnas Indonesia Lawan Vietnam, Mengapa?
Sebab, untuk melakukan pelebaran jalan dirasakan hal yang mustahil dilakukan karena kondisi alam sekitarnya.
Tahun 2023 lalu, Jembatan Layang Kelok 9 dimulai pembangunannya dan diresmikan tahun 2013 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Dilakukan dalam 2 tahap pembangunan, panjang keseluruhan jembatan ini mencapai 2.537 meter, yang terdiri dari 6 jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter.
Jembatan Layang Kelok 9 ini mempunyai 6 jembatan dengan ruas jalan selebar 12,5 meter.
BACA JUGA:Rekomendasi HP OPPO 1 Jutaan, Spesifikasi Dewa Tapi Bukan Murahan
BACA JUGA:All New Agya, Si Imut Menawan Nyaman Dipakai Wanita Segala Usia
Jembatan pertama mempunyai panjang 20 meter, bentang kedua 230 meter dan bentang ketiga 65 meter.
Jembatan keempat panjangnya 462 meter yang merupakan jembatan jenis pelengkung beton.
Sedangkan pondasi menggunakan bore pile sedalam 20 meter yang bertujuan menahan berat jembatan dan gaya horizontal gempa.
Kemudian bentang jembatan kelima dan keenam mempunyai panjang 31 meter dan 156 meter.
BACA JUGA:Nabi Muhammad SAW Menyuruh Kita Makan Sahur Sebelum Puasa, Ini Dia Alasannya
BACA JUGA:HP Anti Ngelag, Harga Oppo Reno 11 Didiskon 20 Persen hingga Jadi Segini
Menariknya, pembangunan jembatan di Sumatera Barat ini merupakan maha karya anak bangsa dengan mengusung konsep Green Construction, serta menggunakan produk dan bahan dalam negeri.