Mitsubishi Fuso Raih Market Share 39,2 Persen, Canter Penyumbang Terbesar

Jumat 15-03-2024,19:57 WIB
Reporter : Dody Suryawan
Editor : Sulis Utomo

PALPRFES.COM - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, sukses mempertahankan pangsa pasar No. 1 untuk segmen kendaraan niaga selama 53 tahun.

PT KTB mengumumkan strategi terbarunya untuk tahun 2024 dalam menghadapi pasar kendaraan niaga, melalui acara Media Gathering pada tanggal 8 Maret 2024.

Sebelumnya di tahun 2023, kondisi pasar kendaraan niaga di Indonesia mengalami dinamika yang cukup bergejolak dan mengalami penurunan permintaan hingga 9% jika dibandingkan tahun lalu, dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit. 

“Kendati kondisi pasar penuh tantangan, Mitsubishi Fuso tetap berhasil mempertahankan sebagai Market Leader dengan raihan Market Share sebesar 39,2% atau setara dengan 33.283 unit," ungkap Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Aji Jaya di Jakarta, Kamis 14 Maret 2023.

BACA JUGA:Honda BeAT Versi Elektrik Cuma Rp16 Jutaan, Intip Spesifikasinya

BACA JUGA:Rekomendasi 3 Vespa Antik Termurah Harga Mulai 12 Jutaan, Intip Spesifikasinya

Ia menambahkan, penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53%. 

Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18% atau sebanyak 4.179 unit.

Tak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purna jual telah dilakukan Mitsubishi seperti perluasan layanan after sales service.

Seperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service, serta menambah jaringan dealer yang saat ini total 222 sehingga Mitsubishi Fuso semakin dekat dengan konsumen. 

BACA JUGA:Daftar Mobil MPV Termurah Maret 2024, Irit BBM dengan Fitur Lengkap Kekinian

BACA JUGA:3 Motor Baru Kawasaki Ini Siap Diluncurkan Minggu Depan, Apa Saja?

“Lalu inovasi juga tidak henti dilakukan, seperti Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0 yang fokus untuk meningkatkan layanan demi kepuasan konsumen dan hadir lebih dekat dengan konsumen secara digital," ujar dia.

Sedangkan dari aspek purnajual, Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022. 

“Dengan semakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia.

Kategori :