Ternyata Ini Loh, Tol Terpanjang di Indonesia yang Telan Dana Hingga Rp 50 Triliun Lebih

Kamis 25-04-2024,19:45 WIB
Reporter : Try Dina
Editor : Sulis Utomo

Merupakan tol terpanjang di Indonesia sejauh ini setelah tol Padang-Pekanbaru 254,8 km yang saat ini juga masih dalam tahap pembangunan.

Konstruksi dan operasi tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dibagi menjadi dua bagian, yakni tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya dan tahap 2 Tasikmalaya-Cilacap.

BACA JUGA:5 Gedung Tertua Di Palembang Ini Sudah Berdiri Sejak Zaman Belanda, Salah Satunya Dijadikan Kantor Walikota

BACA JUGA:Inilah 8 Jenis Tanaman Hias yang Dapat Mengusir Cicak di Rumah loh

Konstruksi tahap 1 dilakukan pada tahun 2022-2024. 

Kemudian tahap 2 dilanjutkan pada 2027-2029.

Artinya nantinya terdapat jeda pengoperasian sekitar 3 tahun.

"Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan 2 kali yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya-Cilacap," kata Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi, dikutip dari keterangan resmi BPJT saat itu.

BACA JUGA:5 Film Indonesia yang akan Tayang Mei 2024, 3 Diantaranya Genre Horor

BACA JUGA:HP Keren Harga Dibawah 2 Jutaan, Intip Spesifikasi Infinix Smart 8 Pro

Sementara Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur mewakili konsorsium pemenang lelang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya selama proses pelaksanaan lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

"Tentunya kami semua konsorsium sangat berkomitmen untuk menyelesaikan ruas tol yang cukup panjang ini, sesuai dengan yang diharapkan, dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Mudah-mudahan proyek ini menjadi salah satu ruas yang cukup berperan penting untuk memecah arus lalu lintas kemacetan di masa mendatang di wilayah dari Gedebage hingga Cilacap," tutupnya.

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan memilki 10 Simpang Susun (SS), yakni SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

BACA JUGA:7 Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Ada yang Capai Hingga 40ribu Kilomenter Lebih, Indonesia Masuk?

BACA JUGA:WOW! Ternyata Ada Jubah Kuno Sepanjang 1,5 M yang Merupakan Peninggalan Dari Kesultanan Palembang Darussalam

Kategori :