Jangkau Lebih dari 2.000 Warga, Program Air Bersih PHSS Tampil di World Water Forum 2024

Senin 03-06-2024,06:03 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Namun, upaya itu belum dapat mengalirkan air yang layak konsumsi karena kadar besi yang tinggi, hingga lebih dari 6,67 ppm (parts per million).

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Nunukan Company Siapkan Revisi POD 1 Lapangan Badik dan West Badik

BACA JUGA:Ini 7 Daerah di Riau Terdampak Banjir yang Masuk Wilayah Kerja Pertamina Hulu Rokan

Berdasarkan Permenkes Nomor 32 tahun 2017, air layak konsumsi memiliki standar kadar besi kurang dari 1 ppm. 

Head of Communication Relations & CID Zona 9 Elis Fauziyah menyebutkan bahwa sejak 2018 PHSS menghadirkan inovasi instalasi air bersih melalui skema penyediaan Sumber Air Baku Air Tanah dengan  cara menghilangkan bau, rasa, warna dan kekeruhan air. 

Inovasi tersebut dilanjutkan dengan teknologi penyediaan air minum siap konsumsi melalui teknologi Reverse Osmosis (RO). 

Dengan inovasi tersebut, lanjut Elis, Program WSS Saliki telah melahirkan 18 UMKM baru, membantu penghematan biaya air hingga mencapai Rp1,6 Miliar, dan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Saliki sebesar Rp35 juta. 

BACA JUGA:1.250 Warga Balikpapan Rasakan Manfaat CSR Pertamina Hulu Mahakam

BACA JUGA:Pertamina Hulu Rokan Temukan Cadangan Hidrokarbon di Sumatera Selatan, Ini Lokasi Sumur Eksplorasinya

Keberhasilan program ini juga didukung oleh kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemerintah Desa Saliki melalui BUMDes Mekar. 

”Keterlibatan aktif Pemerintah Desa Saliki dan masyarakat menjadi faktor utama pendorong keberhasilan program ini dalam menyediakan air bersih. 

Ke depan, program ini dapat terus berkembang dan menjadi contoh atau rujukan bagi daerah lain dalam mengembangkan program penyediaan air bersih,” pungkasnya.

Kategori :