Pemkab Muba Ikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, Ini Tujuannya

Sabtu 29-06-2024,04:26 WIB
Reporter : Sulis Utomo
Editor : Sulis Utomo

SEKAYU, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) mengikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024. 

Kegiatan evaluasi ini merupakan bagian dari komitmen BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, kepada kementerian/lembaga (K/L) dan Daerah Baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP melalui Statistisi Ahli Pertama Dinkominfo Kabupaten Muba Mustito SPd mengatakan, acara evaluasi ini bertujuan untuk mengukur capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan penyelenggaraan kegiatan statistik sectoral.

Dengan cara mengukur tingkat kematangan (Maturity Level) dari penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah, yang direpresentasikan dalam bentuk nilai indeks pembangunan statistik di Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Ikuti Evaluasi Smart City Tahap I di Bali, Ini Komitmen Pemkab Muba

BACA JUGA:Dukung Pelestarian hingga Ajak UMKM Binaan Naik Kelas, Kilang Pertamina Plaju Raih 2 Penghargaan di ISRA 2024

"Semoga kegiatan Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,"ungkapnya. 

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Muba melalui Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Muba Irma Santi Dewi ST menyampaikan, Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) adalah proses penilaian secara sistematis melalui verivikasi dan validasi informasi.

Terhadap hasil penilaian mandiri, untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral. 

Tujuan dilakukan kegiatan evaluasi penyelenggaraan statistik sectoral, untuk mengukur capaian penyelenggaraan satu data Indonesia dan penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral.

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal dan Sungai Parung Terbakar Telan Korban Jiwa? Ini Penjelasan Kasat Reskrim Muba

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini 29 Juni 2024 untuk Wilayah Palembang dan Sekitarnya

Dengan cara mengukur tingkat kematangan (maturity level) dari penyelenggaraan statistik sectoral, pada instansi pusat dan pemerintah daerah yang direpresentasikan dalam bentuk nilai indeks pembangunan statistik. 

Pemkab Muba telah melakukan uji coba EPSS di tahun 2022, dengan pilot project Dinas Kesehatan Muba dan Dinkominfo Muba," tandasnya.

Evaluasi Smart City

Kategori :