Final Euro 2024 Prediksi dan Preview Laga Pamungkas Spanyol vs Inggris, Bisakah the Three Lions Cetak Sejarah?

Minggu 14-07-2024,16:21 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

Ini akan menjadi final turnamen besar pertama the Three Lions yang dimainkan di luar negara, dengan final World Cup 1966 dan Euro 2020 di Stadion Wembley. The Three Lions punya catatan bagus di Berlin, menang 4 dan seri 2 dari 6 laga di ibu kota Jerman.

Final Euro 2024: Inggris tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka di Euro ketika kebobolan lebih dulu (W5 D1)--gigzz.psd

Inggris berada di puncak grup yang terdiri dari Serbia, Denmark dan Slovenia, sebelum melibas Slovakia, mengalahkan Swiss, dan susah payah kontra Belanda untuk mencapai final.

Ollie Watkins menjadi pahlawan di semi-final, turun dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan di menit ke-90 atas Belanda, yang unggul lebih dulu melalui Xavi Simons sebelum Harry Kane menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti dan Inggris akhirnya mengamankan kemenangan 2-1.

BACA JUGA:Indra Sjafri Boyong 28 Pemain Timnas Indonesia U19 Lanjutkan TC di Surabaya, Persiapan Piala AFF U19 2024

BACA JUGA:PSSI Segera Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke, Tim Geypens dan Dion Markx, Timnas Tambah Amunisi

Jangan kaget jika Spanyol akan memimpin di partai final.

Inggris telah kebobolan gol pertama dalam tiga pertandingan sistem gugur mereka di Euro 2024, sementara Spanyol telah mencetak 13 gol, hanya Prancis di tahun 1984 (14) yang mencetak lebih banyak gol dalam satu edisi Kejuaraan Eropa.

Namun, Inggris tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka di Euro ketika kebobolan lebih dulu (W5 D1), dengan tidak ada tim yang memenangkan lebih banyak pertandingan seperti itu dalam sejarah kompetisi.

Pelatih Inggris, Southgate, mendapat kritikan selama turnamen ini atas kurangnya ambisi dari timnya.

BACA JUGA:Timnas Putri Indonesia Tatap Laga Perdana Melawan Hongkong, Coach Mochi Siap Raih Kemenangan

BACA JUGA:Hasil Semifinal Copa America 2024: Kolombia vs Uruguay, 10 Pemain Bawa La Tricolor Melaju ke Final

Namun mereka akan kembali ke final, dan Southgate akan menjadi pelatih ketiga yang menangani lebih dari satu final Kejuaraan Eropa (tidak termasuk pertandingan ulangan), setelah Helmut Schön (1972, 1976) dan Berti Vogts (1992, 1996), keduanya bersama Jerman, dan ketiganya melakukan hal tersebut di dua edisi beruntun.

Tidak ada manajer yang pernah kalah dalam dua final di kompetisi ini sebelumnya, dan mantan manajer Middlesbrough ini akan berharap untuk tidak mencatatkan sejarah dalam hal tersebut.

Lawannya, De la Fuente, akan berusia 63 tahun dan 23 hari pada hari final, manajer tertua ketiga yang menangani finalis Kejuaraan Eropa setelah Luis Aragonés, juga dengan Spanyol, pada 2008 (69 tahun lebih 337 hari) dan Otto Rehhagel dengan Yunani pada 2004 (65 tahun lebih 330 hari), dan keduanya meraih trofi.

Ini akan menjadi sebuah pertandingan yang menarik di Olympiastadion. Akankah Spanyol kembali ke puncak permainan Eropa, atau apakah sepak bola akhirnya 'pulang ke rumah'?

BACA JUGA:Hasil Semifinal Euro 2024: Belanda vs Inggris, Gol Telat Ollie Watkins Bikin Nyesek Timnas Pusat

Kategori :