Satreskrim Polres Muba Bongkar Gudang Pengoplos Solar Bersubsidi di Sekayu, Produksinya 5 Ton Per Hari

Kamis 18-07-2024,07:36 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

SEKAYU, PALPRES.COM- Satreskrim Polres Musi Banyuasin (Muba) berhasil membongkar gudang pengoplos bahan bakar bersubsidi jenis solar.

Selasa 16 Juli 2024 sekitar pukul 07.30 WIB di jalan Lingkar Randik, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Muba , Sumatera Selatan.

Dalam penggerebekan yang dilakukan Tim Pidsus Satreskrim Polres Muba berhasil mengamankan seorang tersangka yang juga pemiliknya Nursan Zaidi (39) warga Kecamatan Lawang Wetan beserta 5,5 ton solar bersubsidi yang telah di oplos.

Dalam keterangan persnya, Kapolres Muba AKBP Listyono Dwi Nugroho melalui Kasat Reskrim AKP Bondan Try Hoetomo mengatakan, bahwa pembongkaran praktik pengoplosan bahan bakar bersubsidi jenis solar adanya laporan dari masyarakat.

BACA JUGA:Tim Tipidter Polda Sumsel Ciduk Pelaku Penyalahgunaan Solar Bersubsidi, Berikut Kronologinya

Hal ini juga menjadi atentsi bapak Kapolda Sumatera Selatan karena banyaknya kelangkaan atau antrian disejumlah SPBU.

“Dari situlah dilakukan penyelidikan oleh tim Pidsus dan didapati gudang pengoplos solar bersubsidi,” kata Bondan kepada awak media.

Untuk modus tersangka sendiri, pelaku sendiri ikut antri di dua SPBU yang ada di Kecamatan Sekayu.

Tersangka mendapatkan solar itu dari mobil trus jenis Mitsubishi colt diesel melalui kode barcode dan itu sesuai dengan plat kendaraannya.

BACA JUGA:Tim Gabungan Bongkar Gudang Yang Diduga Tempat Membuat BBM Oplosan di Musi Rawas

“Tersangka ikut antri, setelah dapat dikosongkan tangkinya. Lalu mengisi lagi di SPBU satunya lagi yang ada di jalan lingkar Randik terus dilakukannya setiap hari.

Jadi dalam satu hari tersangka bisa mengisi 2 kali di 2 SPBU yang ada di Kecamatan Sekayu,” jelas mantan Kapolsek Bayung Lencir ini.

Setelah terkumpul, lanjut Bondan, solar yang didapatkan barulah di oplos dengan minyak tanah hasil sulingan ilegal refenery.

Kemudian, untuk pemasarannya sendiri para pembeli datang langsung ke gudang punya tersangka yang ada di jalan Lingkar Randik.

BACA JUGA:Polisi Bongkar Bisnis Solar Oplosan di Kota Palembang

Kategori :