BPS Kabupaten Bekasi Apresiasi Pelaksanaan Program Desa Cantik di Kabupaten Muba

Sabtu 20-07-2024,12:04 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

SEKAYU, PALPRES.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin dengan bangga mengadakan acara sharing knowledge mengenai pelaksanaan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) kepada BPS Kabupaten Bekasi. 

Acara ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam meningkatkan kapasitas desa dalam pengelolaan data statistik.

Sehingga dapat mendukung perencanaan dan pembangunan desa yang lebih baik dan berbasis data. 

Program Desa Cantik adalah inisiatif BPS yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan desa dalam mengumpulkan, mengelola, dan menggunakan data statistik secara efektif.

BACA JUGA:Dinkominfo Muba Dorong Penerapan Aplikasi e-Office Desa, Website, dan Desa Cantik

Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan bagi aparatur desa serta pengenalan teknologi dan aplikasi yang mempermudah pengelolaan data.

Kegiatan ini dilakukan secara zoom dibuka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Bekasi Krido Saptono SSi MSi dan dilanjutkan dengan sambutan kepala BPS Kabupaten Musi Banyuasin Trio Wira Dharma SST MM.

Dalam kegiatan ini hadir juga kepala Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Statistisi Ahli Muda Mustito SPd sebagai narasumber.

Dalam kesempatan berbagi pengalaman ini, Herryandi Sinulingga AP mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin memaparkan, inovasi-inovasi yang telah dilakukan seperti E-Office Desa dan Aplikasi Muba Survei yang digunakan untuk mempermudah operator desa dalam melakukan pendataan data tematik desa yang berkolaborasi dengan BPS kabupaten Muba.

BACA JUGA:KEREN! Diskominfo OKI Fasilitasi Pembuatan Website Desa Cantik

"Munculnya berbagai inovasi ini tentunya untuk mempermudah kinerja serta pelayanan kepada masyarakat, dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini,"ungkapnya.

Sementara, kepala BPS Kabupaten Muba Trio Wira Dharma SST MM memaparkan, tantangan dan solusi dalam pengelolaan data statistik di desa dan berbagi strategi program.

Serta kiat- kiat sehingga selama 2 tahun berturut turut Kabupaten Muba mendapatkan penghargaan predikat Desa Cantik Nasional.

Senada, Rodiah SST selaku Ketua Tim Desa Cantik Kabupaten Muba juga menyampaikan, timeline pelaksanaan pembinaan di Kabupaten Musi Banyuasin. 

BACA JUGA:Jalankan Program Desa Cantik, Dinkominfo dan BPS Muba Latih Operator Desa

Kategori :