Rampung 90 Persen, Jalan Tol Balikpapan-IKN Beroperasi 17 Agustus 2024, Pangkas Waktu 1,5 Jam

Minggu 21-07-2024,18:46 WIB
Reporter : Ella Sulistiana
Editor : Ella Sulistiana

PALPRES.COM- Progres jalan tol Balikpapan-IKN (Ibu Kota Nusantara) dilaporkan sudah mencapai 90 persen.

Hal ini diungkapkan dari Satuan Tugas (Satgas) pelaksanaan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Akses jalan Tol Balikpapan-IKN ini ditargetkan bisa beroperasional pada saat perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

“Pengerjaan infrastruktur jalan tol terus kita kebut, untuk saat ini Kementerian PUPR masih melakukan pembangunan untuk beberapa tol yakni Sesi 3A, 3B dan 5A,” ungkap Danis Sumadilaga, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara yang dikutip Minggu, 21 Juli 2024.

BACA JUGA:Intip Mewahnya Hunian ASN di IKN, Tersedia Jogging Track Hingga ATM Center

BACA JUGA:Taksi Terbang Buatan Hyundai Siap Mengudara di Langit IKN 29 Juli 2024

Danis menambahkan untuk progres pembangunan akses jalan tol ini sudah mencapai 90 persen.

Dan nantinya akan digunakan untuk satu jalur yang terdiri dari masing-masing tiga lajur dan dua lajur yang menjadi akses menuju ke IKN, Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, untuk perjalanan dari Balikpapan menuju ke IKN maka waktu tempuhnya bisa mencapai lebih dari dua sampai tiga jam.

Namun jika akses jalan tol bisa difungsionalkan untuk waktu tempuhnya bisa terpangkas, karena hanya menjadi satu jam saja.

BACA JUGA:IKN Siap Uji Coba Kereta Tanpa Rel Hingga Desember 2024, Berapa Investasinya?

BACA JUGA:Mimpi Jokowi Kandas, Media Asing Soroti Gagalnya Presiden Ngantor di IKN Juli 2024

“Akses jalan tol Balikpapan-IKN sudah pernah kami lakukan uji coba, jika fungsional untuk waktu tempuh perjalanan darat hanya satu jam saja,” jelasnya.

Sehingga keberadaan jalan tol IKN ini bisa memangkas waktu tempuh sekitar satu setengah jam dari Kota Balikpapan untuk bisa sampai ke Kota Nusantara.

“Semoga jalan tol ini bisa digunakan pada 17 Agustus 2024,” katanya.

Kategori :