HBA Ke-64, Hendri Hanafi: Kedepankan Penegakan Hukum Humanis dan Berkeadilan di OKI

Selasa 23-07-2024,05:39 WIB
Reporter : Mujianto
Editor : Mujianto

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Pada peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64, Kejaksaan diharapkan mampu melaksanakan penegakan hukum dan pemberantasan kejahatan dengan hati nurani dan tetap menjaga sisi humanis.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri OKI, Hendri Hanafi SH MH, saat memimpin upacara peringatan HBA ke-64 di kantor Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ilir, Senin 22 Juli 2024.

Dalam upacara yang dihadiri oleh seluruh pejabat utama dan pegawai Kejari OKI tersebut, Hendri menyampaikan amanat dari Kejaksaan Agung RI, Sanitiar Burhanuddin. 

"Kejaksaan mampu hadir untuk menjawab harapan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum.

BACA JUGA:Cuma Ikut Test Drive Mobil Suzuki di GIIAS 2024, Bisa Raih Motor GSX-R150 hingga Logam Mulia

BACA JUGA:Dana Hibah Bawaslu OKI Rugikan Negara Rp3 Miliar, Kajari: Akan Segera Kita Tetapkan Tersangkanya

Serta mampu melaksanakan penegakan hukum dan pemberantasan kejahatan tanpa pandang bulu, namun dengan tetap menjaga sisi humanis," ujar Hendri dalam amanatnya pada peringatan HBA 2024 dengan tema "Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2024".

Setiap peringatan HBA hendaknya menjadi momentum untuk evaluasi dan introspeksi atas pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang selama satu tahun terakhir.

Hal ini bertujuan agar insan Adhyaksa dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi yang dicintai.

"Kejaksaan, sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki kedudukan strategis, harus menjalankan tugas, fungsi, dan wewenangnya di bidang Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, dan Intelijen, serta kewenangan lainnya secara profesional, proporsional, dan tuntas," sambung Hendri.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Dinkominfo Muba Raih Penghargaan TVRI Sumsel Award

BACA JUGA:Hodeidah Membara! Houthi Bersumpah Serang Habis-habisan Israel

Lebih lanjut Hendri mengingatkan jajarannya agar selalu waspada dan tidak lengah sedikit pun, karena upaya pelemahan terhadap institusi Kejaksaan selalu digencarkan oleh oknum-oknum jahat dan pihak yang tidak nyaman dengan penegakan hukum yang dijalankan.

Dalam kesempatan tersebut, Hendri juga menyampaikan perintah harian Jaksa Agung sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Kejari OKI, di antaranya:

- Bangun budaya kerja yang terencana, prosedural, terukur, dan akuntabel, dengan terwujudnya kepatuhan internal dan mitigasi risiko untuk mencapai tujuan organisasi.

Kategori :