Pesona Keindahan Objek Wisata Danau Merung di Kabupaten Muratara Mulai Dilirik Pengunjung

Jumat 26-07-2024,17:18 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Sulis Utomo

MURATARA, PALPRES.COM- Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumsel tidak hanya dikenal kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA) dari sektor tambang, migas dan pertanian, tapi dikenal juga dengan pesona keindahan wisata alamnya.

Salah satunya objek wisata Danau Merung di Desa Lesung Batu Muda, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara.

Keberadaan objek wisata Danau Merung mulai dilirik wisatawan lokal dan pengunjung dari kabupaten tetangga.

Melansir informasi dari di himpun wartawan, objek wisata Danau Merung awalnya hanya bendungan berupa danau irigasi.

BACA JUGA:Batu Akik Teratai Muratara: Antara Keindahan dan Khasiat Magis

"Wilayah Desa Lesung Batu merupakan pemukiman lama yang memiliki historis sejarah kebudayaan masa lampau, dan akhir-akhir ini Danau Sungai Merung banyak dikunjungi orang," ujar Abdullah warga Kecamatan Rawas Ulu.

Dia menuturkan, para pengunjung selain dapat menikmati keindahan objek wisata Danau Merung, ada juga Candi Lesung Batu dan Curug Leran.

"Untuk Danau Merung memang bagus saat dilihat pada sore hari, karena pemandangannya eksotis saat matahari terbenam," katanya.

Abdullah mengatakan, masyarakat setempat mulai melakukan penataan dan perbaikan kecil untuk kenyamanan pengunjung. seperti pembersihan sekitar areal lokasi, tempat istirahat pengunjung, pengecatan dan pemasangan arah petunjuk di tepi jalinsum Muratara.

BACA JUGA:Kakek Usia 72 di Muratara Meregang Nyawa Akibat Terkepung Api Usai Membakar Lahan Kebun Sawit Miliknya

Masyarakat berharap, objek wisata ini bisa menjadi salah satu wisata populer, khususnya di wilayah Muratara selain Danau Raya dan Danau Bukit Layang.

Camat Rawas Ulu Yusnadi membenarkan jika saat ini sudah ada penataan kecil kecilan disekitar danau merung. Pihaknya terus mensosialisasikan ke masyarakat, agar terus melakukan beragam persiapan dan peningkatan sarana untuk menarik sejumlah minat pengunjung.

"Kita akan usulkan dalam musrembang dalam pembangunan objek wisata danau merung. Karena saat ini sudah banyak pengunjung yang datang kesana," timpalnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata Marlinda mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengkajian dan survei langsung ke danau merung. Pihaknya menegaskan jika Danau Merung sangat berpotensi dijadikan sebagai spot wisata baru bagi masyarakat.

BACA JUGA:Deretan Jenis Batu Akik Muratara yang Paling Disukai Oleh Kolektor

Kategori :