Bank Sumsel Babel Bina 25 UMKM Kopi, Beri Akses KUR Hingga Batu Pasarkan Produk

Minggu 28-07-2024,16:45 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM-  Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) berkomitmen untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak terkecuali pelaku usaha kopi maupun petani kopi. 

Saat ini, Bank Sumsel Babel telah memiliki 25 UMKM binaan yang bergerak di bidang kuliner kopi. 

Pemimpin Divisi Pengembangan Produk dan Pemasaran Bank Sumsel Babel, Ahmad Azhari, mengatakan, 25 UMKM binaan ini mendapatkan akses pembiyaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga dibantu memasarkan produknya agar lebih dikenal di tingkat nasional. 

Untuk dapat menjadi UMKM mitra binaan BSB harus memenuhi beberapa persyaratan seperti menjadi nasabah BSB dan punya tabungan dari hasil usaha mereka. Untuk KUR UMKM plafon yang disalurkan dari Rp 10 juta hingga Rp 500 juta dengan bunga 6 persen.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Dorong Ekosistem UMKM Songket Naik Kelas Lewat Penyaluran KUR

BACA JUGA:Kiat Sukses Wardiah, Mitra KUR Bank Sumsel Babel Membangun Usaha Kedai Pempek 755, Eksis Hingga Sekarang

“Untuk total KUR Pertanian yang disalurkan hingga 30 Juni 2024 sebesar Rp 436 Miliar dari Total KUR tahun 2024 sebesar Rp 772 Miliar,”jelas Azhari. 

Selain memberikan akses KUR, UMKM binaan Bank Sumsel Babel juga dibantu memasarkan produknya. 

Untuk lebih memperkenalkan kopi Sumsel ditingkat lokal maupun nasional, saat ini Bank Sumsel Babel (BSB) aktif mengajak UMKM binaannya mengikuti event berskala nasional. 

Hal ini dilakukan agar lebih dikenal masyarakat lebih luas lagi.

"Dengan adanya peningkatan volume transaksi melalui keterlibatan di berbagai expo tingkat nasional, maka penghasilan yang didapatkan juga semakin bertambah,"kata Azhari.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Raih Penghargaan Penyalur FLPP Terbaik se-Indonesia Tahun 2024

BACA JUGA:Pemkot Lubuklinggau dan Bank Sumsel Babel Gelar Sosialisasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP)

"Seperti baru baru ini kegiatan Festival Sriwijaya 2024 yang digelar di Monpera. Kita mengundang seluruh masyarakat untuk bergabung dalam ‘Ngopi Kopi Sumsel’ Bareng Bank Sumsel Babel”. Kita memberikan kopi gratis untuk para pengunjung yang hadir untuk menikmati kopi lokal Sumsel,"sambungnya. 

Ditambahkan Azhari, event 'Ngopi bareng Bank Sumsel Babel' ini bekerjasama dengan UMKM mitra binaan Bank Sumsel Babel, yang sudah ada selama ini.

Kategori :