Antisipasi Karhutla di Sumsel, Hutama Karya Siapkan 4 Mobil Pemadam Khusus di Tol Terpeka

Minggu 28-07-2024,17:40 WIB
Reporter : Jonison
Editor : Jonison

PALPRES.COM – Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan laham (Karhutla) yang terjadi di Sumsel, PT Hutama Karya turut berpartisipasi. 

Komitmen PT Hutama Karya dalam berpartisipasi guna mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan bentuk kepedulian.

Pengelola Tol Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayuagung (Terpeka) telah mempersiapkan empat unit mobil damkar jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di area tol.

Branch Manager Tol Terpeka PT Hutama Karya (HK) Taufiq Hidayat mengungkapkan, disiapkannya empat mobil damkar yang sudah dimodifikasi dengan pompa dan alat semprot yang berkualitas, mampu mengantisipasi apabila terjadi kebakaran lahan di area Tol Terpeka. 

BACA JUGA:Indonesia Peringkat 2 di Asia Mengambil Hasil Migas, Inilah 5 Perusahaan Migas Terbesar di Indonesia

BACA JUGA:Simulasi Pelatihan Penanganan dan Penanggulangan Karhutla Resmi Ditutup Polda Sumsel

“Mobil ini kita siapkan 24 jam nonstop. Kendaraan ini hanya digunakan di area jalan tol untuk penanganan sementara agar api tidak semakin membesar," terang Taufiq, Sabtu 27 Juli 2024.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan, selain itu, pihaknya telah dilengkapi dengan alat-alat pemadam api kecil.

Selaku pengelola tol, PT Hutama Karya juga memberikan imbauan kepada pengguna jalan dan pengguna rest area untuk tidak membakar lahan atau membuang puntung rokok di sekitar area jalan tol.

Setelah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya, di tahun ini PT HK akan lebih maksimal dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di sepanjang area Tol Terpeka.

BACA JUGA:Pemilik Harus Paham! Begini Cara Merawat Mobil Listrik Agar Baterai Awet

BACA JUGA:102 Pasang Atlet Tenis Ikuti Kejuaraan Walikota Palembang Open Tennis Tournament 2024, Pemkot Jaring Bibit Bar

“Semoga saja tidak terjadi kebakaran lahan di sekitar tol ini. Pasalnya, kebakaran lahan ini dapat mengganggu pengendara saat melintas. Jika sudah terbakar sulit untuk dipadamkan,” pungkasnya.

 

Kategori :