2 Diantaranya Ada di Sumsel, Ini 7 Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia

Minggu 04-08-2024,17:56 WIB
Reporter : Try Dina
Editor : Try Dina

Wilayah ini terus menjadi kontributor utama dalam pasokan batu bara untuk kebutuhan industri, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Peran sejarahnya dan infrastruktur tambang yang matang menjadikan Tanjung Enim sebagai salah satu pusat produksi batu bara yang penting di Indonesia.

6. Sorong, Papua

Sorong di Papua, dengan teknik blendingnya, menghasilkan batu bara berkualitas tinggi yang menjadi salah satu faktor penentu dalam ekspor batu bara Indonesia. 

BACA JUGA:TERLARANG ! Ini 4 Kalimat yang Bahaya Jika diucapkan Oleh Orang Tua Ke Anaknya

BACA JUGA:Jangan Ngaku Wong Palembang Kalau Belum Mencoba 7 Jenis Pempek Ini, Rasonyo Bikin Nagih!

Dengan produksi tahunan sekitar 1,2 juta ton, Sorong memainkan peran kunci dalam mengamankan posisi Indonesia sebagai salah satu pengekspor terbesar batu bara di dunia. 

Kontribusi ekonominya yang signifikan juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Papua secara keseluruhan.

7. Sawahlunto, Sumatera Barat

Meskipun pernah menjadi penghasil terbesar sebelum ditutup pada tahun 2019, Sawahlunto di Sumatera Barat tetap memiliki nilai sejarah dan budaya yang penting dalam industri batu bara Indonesia. 

BACA JUGA:WASPADA! DC Pinjol Shopee Tiba-tiba Berhenti Menagih, Simak 4 Langkah yang Kamu Harus Lakukan Apabila Kerumah

BACA JUGA:Cara Dapat 4 Bansos Kemensos Agustus 2024, Beserta Cara Cek KK dan e-KTP Masuk Kuota Atau Tidak

Pengakuan sebagai warisan dunia oleh UNESCO menegaskan pentingnya peran Sawahlunto dalam perkembangan industri tambang di Indonesia. 

 

Kategori :