Anggaran Perlinsos Naik Jadi Rp 500 Triliun Lebih, 5 Bansos Ini Resmi Dilanjutkan 2025

Selasa 20-08-2024,18:59 WIB
Reporter : Try Dina
Editor : Try Dina

PALPRES.COM - Pada tahun depan tepatnya 2025, pemerintah resmi menaikan anggaran untuk Perlidungan Sosial (Perlinsos) dimana akan difokuskan untuk menuntaskan kemiskinan.

Anggaraan perlindungan sosial (Perlinsos) dalam RAPBN 2025 naik menjadi Rp 504,7 triliun, atau naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun ini yang sebesar Rp 496,8 triliun. 

Ekonom dari Center of Reform on Economics (CORE), Yusuf Rendy Manilet menilai kenaikan anggaran Perlinsos menjadi wajar lantaran pemerintah ingin menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran di tahun depan. 

Saat bersamaan anggaran perlinsos ini juga diharapkan dapat mendorong atau menjaga konsumsi rumah tangga. 

Hal ini berimbas pada beberapa bansos yang disalurkan pemerintah melalui Kemensos, dan dilanjutkan kembali.

BACA JUGA:STATUS SP2D! Bansos BPNT Juli - Agustus Rp 400.000 Disalurkan Hingga 31 Agustus 2024

BACA JUGA:Bantuan BPNT Sembako Cair Sekaligus di Daerah 3T Pada September Mendatang

Adapun rincincian dari ke 5 bansos yang dilanjutkan tersebut adalah bansos BPNT (Bantuan Pangan Pemerintah) yang memakan anggran terbesar di Kemensos dibawah Direktorat Pemberdayaan Sosial (Dayasos) dengan sasaran 18,8 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat). 

Kedua adalah bansos PKH (Program Keluarga Harapan) dibawah Direktorat Jamin Sosial (Linjamsos) yang memakan anggaran terbesar ke dua setelah BPNT menyasar kepada 10 juta penerima. 

Ketiga ada bansos YAPI (Yatim Piatu) yang menyasar 100 ribu lebih penerima. 

Keempat, dan kelima adalah  bansos Permakanan Lansia, dan Permakanan Disabilitsas yang menyasar lansia, dan disabilitas hidup sebatangkara yang ada id daerah perkotaan, maupun pedesaan diseluruh tanah air dibawah Direktorat Rehabilitasi Sosial (Rehsos).

BACA JUGA:Masyarakat Berbahagia, 3 Bansos Disalurkan Pemerintah Mulai Dari Agustus Sampai Dengan September!

BACA JUGA:Jangan Ngaku Wong Palembang, Kalau Tidak Punya 5 Hal Unik Ini!

Bansos yang disebutkan diatas, disalurkan setiap tahunnya sesuai dengan ketersedian anggaran. Terutama untuk bansos PKH, dan BPNT Sembako yang disalurkan setiap tahunnya karena merupakan program nasional. 

Adapun mekanisme penyaluran berbentuk tunai melalui kantor pos, dan non tunai melalui bank. Untuk jumlah bantuan sendiri masih sama dengan tahap sebelumnya. 

Kategori :