Pertumbuhan Kendaraan Listrik Lahirkan Skill Baru dan Green Job, Program Konversi Terus Dilakukan

Sabtu 24-08-2024,08:35 WIB
Reporter : Jonison
Editor : Jonison

PALPRES.COM – Pertumbuhan kendaraan listrik dapat melahirkan skill baru dan juga green job.

Oleh karena itulah pemerintah terus berupaya untuk mengoptimalkan pertumbuhan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik. 

Dan kali ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengikut sertakan badan usaha untuk mengakselerasi konversi motor BBM ke listrik dengan Program Konversi 1000 Motor Listrik.

 Sejauh ini pelibatan badan usaha untuk mengratiskan konversi menunjukkan hasil yang cukup baik.

BACA JUGA:1.000 Unit Konversi Motor Listris Diluncurkan Pemerintah, Program Konversi Gratis Bagi Masyarakat

BACA JUGA:Inilah 4 Jembatan Megah Penghubung Antar Pulau di Indonesia, Nomor 1 Panjangnya 5,4 Kilometer

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, dukungan badan usaha sektor ESDM menujukkan adanya kepedulian yang sama terkait lingkungan yang bersih. 

"Dukungan badan usaha baik BUMN, maupun swasta nasional telah memberikan kontribusi yang besar dalam mewujudkan visi pemerintah untuk menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan," ujar Dadan dalam keterangan pers nya saat meluncurkan 1.000 unit konversi motlis gratis di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2024 kemarin.

Dukungan badan usaha sektor ESDM tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mengakselerasi program konversi sehingga dapat berjalan dengan optimal. 

"Pelibatan badan usaha dalam program konversi ini adalah untuk memperluas program konversi ini menjadi bagian dari kegiatan CSR-nya. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Hari Ini 24 Agustus 2024, Wilayah Sumsel Berawan Nihil Hujan

BACA JUGA:Bersyukur! Gaji Pensiunan PNS 2024 Naik 12 Persen, 10 Hari Lagi Cair

Badan usaha juga dapat mengkonversi kendaraan operasional yang mereka miliki secara internal," ujar Dadan.

Untuk mewujudkan program tersebut di atas, Kementerian ESDM telah didukung melalui kolaborasi 4 perusahaan melalui program CSR sebanyak 64 unit di tahun 2023 dan 50 perusahaan sebanyak 1.044 unit di tahun 2024 ini.

Selain kendaraan yang dimiliki badan usaha Dadan juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah dapat mengonversi kendaraan dinas mereka menjadi motor listrik. 

Kategori :