Tahun ke-5 Digital Kito Galo Sukses Dorong Perluasan Akseptansi Digitalisasi Sistem Pembayaran

Sabtu 24-08-2024,20:16 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan kembali menggelar event Digital Kito Galo. 

Berlangsung di Atrium Palembang Indah Mall (PIM) mulai 23-25 Agustus 2024, event Digital Kito Galo merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Sumsel yang tahun ini menjadi tahun ke-5 dalam rangka Pekan QRIS Nasional 2024.  

Di tahun kelimanya, Digital Kito Galo yang mengangkat tema “Pakai QRIS untuk Indonesia Maju, #PayoPakaiQRIS!” ini menghadirkan beragam kegiatan mulai dari pameran booth Perbankan dan UMKM; layanan pembayaran pajak secara digital; talkshow; hingga berbagai perlombaan menarik yang bisa diikuti oleh anak dan dewasa. 

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 23 sampai dengan 25 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus mendorong perluasan akseptansi masyarakat terhadap digitalisasi sistem pembayaran.

BACA JUGA:Bank Indonesia Kini Hadirkan QRIS Tap, Apa Bedanya dengan QRIS yang Lama?

BACA JUGA:Rekrutmen Besar-besaran, Lowongan Kerja dari Bank Indonesia (BI) Ketahui posisi dan Cara Daftarnya

Dalam sambutannya pada Opening Ceremony Digital Kito Galo 2024, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ricky P. Gozali, menyampaikan bahwa percepatan pergerakan roda ekonomi ritel yang mendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tidak terlepas dari akselerasi sistem pembayaran digital salah satunya QRIS.

”QRIS adalah game changer. Tampilan QRIS yang seragam, memudahkan masyarakat untuk langsung mengenali metode pembayaran menggunakan QR. QRIS juga sangat fleksibel untuk ditampilkan di berbagai media, seperti lanyard, akrilik, struk yang dicetak, bahkan dapat pula dikirimkan dalam bentuk gambar melalui aplikasi percakapan seperti Whatsapp kepada pembeli tanpa tatap muka”, jelas Ricky.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pula peresmian QRIS untuk pembelian tiket pada LRT Sumatera Selatan bekerja sama dengan Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS), PT Kereta Api Indonesia dan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. 

Guna memeriahkan acara ini, khusus selama periode pelaksanaan Digital Kito Galo, beli tiket LRT di Stasiun Bumi Sriwijaya pakai QRIS hanya perlu membayar Rp1. 

BACA JUGA:Tahun 2024, Bank Indonesia Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS, Triwulan II Sudah Tercapai 52 Persen

BACA JUGA:Bank Indonesia dan TPID Wilayah Sumatera Launching ANDALAS, Ini 3 Program Unggulannya

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menyebut acara ini merupakan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik, khususnya di bidang perbankan yang banyak memberikan manfaat seperti kepraktisan, kemudahan, personalisasi hingga keamanan. 

Lebih lanjut Elen mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi wadah edukasi kepada masyarakat Indonesia sekaligus mengoptimalkan momentum peningkatan implementasi QRIS dari sisi usage dan quality.

Selain peresmian QRIS LRT Sumatera Selatan, turut dilaksanakan pula Penandatangan Komitmen Mall S.I.A.P. QRIS (Mall Sehat Inovatif Aman Aman Pakai QRIS) oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) pada Jum’at (16/8) lalu sebagai rangkaian pre-event  Digital Kito Galo 2024.

Kategori :