WADUH! Ternyata Pemicu Stunting Terbesar Adalah Susu Kental Manis, Begini Penjelasannya

Minggu 01-09-2024,13:14 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

"Stunting terjadi karena pola asuh yang salah, sekitar 60%. Ada juga temuan anak di bawah 6 bulan diberikan SKM, itu ketahuan saat dia datang ke Posyandu ternyata setelah diwawancarai saat masih baliya diberi SKM," katanya.

Sehingga dalam Berbagai upaya pencegahan dan edukasi terus dilakukan Dinkes Sumsel, di antaranya melalui edukasi yang disampaikan kader Posyandu, sosialisasi dan pelatihan tenaga gizi, tenaga kesehatan dan lainnya terkait pemberian makanan tambahan pada bayi, konseling ASI dan lainnya.

Ketua Bidang Kesehatan PP Muslimat NU, Erna Yulia Sofihara mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti temuan persoalan dari kunjungan keluarga tersebut, salah satunya melalui pendampingan keluarga.

"Saat ini kami juga sedang menggencarkan program Ibu Asuh stunting. Kelima keluarga tersebut selanjutnya akan didampingi oleh satu kader yang akan memonitor, mengedukasi dan memastikan keluarga tersebut menerapkan pemberian gizi yang cukup untuk anak dan keluarga dan PHBS. Keluarga juga akan mendapat sejumlah bantuan untuk pemenuhan gizi anak," jelas Erna.

Kategori :