Pandam II Sriwijaya Mayjen TNI M Naudi Nurdika dan Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa Panen Singkong

Kamis 05-09-2024,17:29 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Firdaus

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pandam II Sriwijaya Mayjen TNI M Naudi Nurdika dan Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa melakukan panen raya Singkong di Kebun Rahma (Kesejahteraan Masyarakat) di Demplot Ketahanan Pangan Kodim 0406/ Lubuk Linggau di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I, Kamis, 5 Septe,ber 2024.

Turut hadir, Ketua Persit KCK PD II/Sriwijaya, Ny Rika Naudi Nurdika, Pj Ketua TP PKK, Hj Henita Andriani, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Bobby Kusumawardhana, Dandim 0406 Lubuk Linggau, Letkol Inf Arie Prasetyo Widyo Broto,  Kapolres Musi Rawas, AKBP Andi Supriadi, dan Kepala OPD di lingkungan Pemkot Lubuk Linggau. 

Pandam II Sriwijaya, Mayjen TNI M Naudi Nurdika mengucapkan apresiasi kepada Kodim 0406. Ini merupakan hal positif, bisa menjadi ketahanan pangan yang bagus.

"Demplot ini mungkin tidak terlalu luas, hanya 7 hektar. Tetapi inilah contoh Demplot yang bisa kita tiru, Integrated Farming System atau sistem pertanian terpadu dan disini  juga sudah zero wish,  yang artinya tanpa sampah, semua sampah dimanfaatkan dengan baik," tuturnya.

BACA JUGA:Selayang Pandang 1 Tahun Kepemimpinan Pj Wali Kota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa

Pangdam mengatakan, bayangkan jika misalnya di setiap desa kita memiliki lahan seperti ini, mungkin setiap desa tetapi disesuaikan dengan kearifan lokalnya kalau desa itu cocoknya untuk jagung maka tanam  jagung, jika cocok dengan singkong maka tanam singkong, maka ketahanan pangan di Kota Lubuk Linggau dan sekitarnya terjaga dengan baik.

Sementara itu Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa mengatakan, Alhamdulillah IPM Kota Lubuklinggau nomor dua di Sumatera Selatan setelah Kota Palembang dengan nilai 78,36. 

Artinya secara pendidikan dan kesehatan, Kota Lubuklinggau  lumayan baik dan alhamdulillah lagi, bahwa inflasi di Kota Lubuklinggau sangat terkendali.

"Inflasi di Sumsel 1,81 dan Lubuklinggau ini 1,31 di bawah Sumsel, keberhasilan ini berkat kerjasama kita semua, termasuk jajaran Kodim 0406.

BACA JUGA:Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa Berikan Bonus Atlit Berprestasi KONI dan NPCI

Kegiatan penanaman,  pertanian dan  perikanan juga membantu sekali dalam rangka pengendalian inflasi dan stunting di Lubuklinggau" tandasnya.

Pj Wako mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dandim 0406 Lubuk Linggau beserta jajaranyang telah mengelola lahan pertanian ini dengan sangat baik.

"Mudah-mudahan dari singkong ini nanti bisa dibuat turunannya atau produk olahannya sehingga bisa meningkatkan sekaligus memberikan nilai tambah bagi UMKM yang ada di Kota Lubuklinggau," ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan panen raya Singkong dilanjutkan panen ikan lele dan pemberian bantuan kepada masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. 

 

Kategori :