500 Personel Komcad 2024 Dilantik, Untuk Menjaga Ibu Kota Nusantara

Kamis 12-09-2024,12:49 WIB
Reporter : Jonison
Editor : Jonison

PALPRES.COM – Sebanyak 500 personel komponen cadangan (Komcad) resmi dilantik.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diwakili Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita memimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2024 di lapangan dr. Murdjani, Kalimantan Selatan, Rabu 11 September 2024.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Rabu tanggal 11 September 2025 pukul 08.15 WITA, Komponen Cadangan Matra Darat sejumlah 500 personel yang dibentuk pada Tahun 2024 secara resmi saya nyatakan ditetapkan,” kata Wakil KSAD saat memimpin upacara.

Dalam sambutannya Menhan Prabowo yang dibacakan oleh Wakasad menyampaikan rasa bangga, apresiasi dan terima kasih atas dedikasi serta komitmen para anggota Komcad.

BACA JUGA:Kencing Berbusa, Ketahui Penyebabnya dari yang Ringan sampai Serius

BACA JUGA:Deretan Fakta Menarik Batu Akik Klawing, Ternyata Bisa Dipakai Jadi Jimat Penglaris

Para anggota Komcad untuk menjadi bagian dari komponen cadangan pertahanan negara guna mewujudkan pertahanan negara yang lebih kuat.

Potensi ancaman militer masih mungkin terjadi, Indonesia perlu menata dan memanfaatkan sumber daya nasional, termasuk sumber daya manusia, alam, buatan, serta sarana prasarana untuk kepentingan nasional dan pertahanan negara.

Sistem pertahanan negara di IKN menerapkan konsep pertahanan semesta atau total defence. 

Konsep ini didasarkan pada defensif aktif yang berarti pertahanan negara tidak untuk agresi tetapi untuk menangkal, mencegah, dan mengatasi ancaman terhadap kedaulatan, keutuhan NKRI dan keselamatan bangsa.

BACA JUGA:IRGC Serang 12 Kapal Israel, Klaim Balasan Atas Serangan Kapal Tanker Iran

BACA JUGA:7 Fakta Menarik Tanaman Hias Lidah Mertua, Simak Juga Manfaatnya

Strategi smart defense diterapkan dengan mensinergikan pertahanan militer maupun nirmiliter melalui teknologi mutakhir dan diplomasi.

Pembentukan Komponen Cadangan di Kodam VI/Mulawarman merupakan upaya membangun pertahanan negara di wilayah pulau Kalimantan sekaligus membantu mengamankan Ibu Kota Negara Nusantara. 

“Ini merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena sebanyak 500 orang telah ditetapkan sebagai anggota Komponen Cadangan Matra Darat gelombang pertama TA 2024. 

Kategori :