Kuras APBN Rp3,13 Triliun, Progres Jalan Tol IKN Tak Capai Target Gegara Masalah Ini

Selasa 17-09-2024,08:49 WIB
Reporter : Mujianto
Editor : Mujianto

Pemasangan girder sudah melewati sejumlah tahap pengujian, mulai dari uji visual, NDT, fungsi dan uji beban baik statis maupun dinamis.

BACA JUGA:Dukung Ukraina, Penembak Trump Pernah Coba Rekrut ‘Tentara’ untuk Lawan Rusia

BACA JUGA:SEPAKAT! Puluhan Ribu Masyarakat Lintas Timur Siap Menangkan Muchendi - Supriyanto di Pilkada OKI 2024

Informasinya, rencana total panjang jalan tol yang dibangun mencapai 88,54 kilometer yang menghabiskan rata-rata biaya sebesar Rp305 miliar per kilometernya.

Sedangkan jalan tol yang sudah dibangun sepanjang 67,65 kilometer, sehingga proyek perlu diselesaikan lagi 20,89 kilometer.

Jalan Tol IKN sendiri tersambung dengan KM 8 Kariangau Jalan Tol Balikpapan - Samarinda sehingga jarak tempuh menuju IKN lebih singkat menjadi 1 jam 30 menit.

Hingga kini, semua segmen jalan kecuali 4A dan 4B tengah dalam proses pengerjaan, antara lain Segmen 1 (Bandara Sepingan - Tol Balsam), Segmen 3A (Karangjoang - KKT Kariangau) dan Segmen 3B (KKT Kariangau - Simpang Tempadung).

BACA JUGA:15 Cara Ini Dapat Bantu Kamu Bedakan Batu Zamrud Asli atau Palsu, Cek Disini!

BACA JUGA:15 Cara Ini Dapat Bantu Kamu Bedakan Batu Zamrud Asli atau Palsu, Cek Disini!

Kemudian ada Segmen 5A (Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang), Segmen 5B (Jembatan Pulau Balang - Riko), Segmen 6A (Riko - Rencana Outer Ring Road IKN) dan Segmen 6B (Rencana Outer Ring Road IKN - SP 3  ITCI).

Tol ini sampai ke Simpang Sumbu Kebangsaan Timur yang dihubungkan oleh Segmen 6C dari SP 3 ITCI.

Menariknya,  jalan bebas hambatan ini juga bakal dilengkapi terowongan bawah laut yang letaknya di Segmen 4A dengan perkiraan anggaran penyelesaian mencapai Rp11 triliun.

Kategori :