Warga Muba Ubah Lidi Sawit Jadi Produk Kerajinan Unik Datangkan Cuan

Selasa 24-09-2024,14:18 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

SEKAYU, PALRES.COM- Kreatifitas warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) patut di apresiasi. 

Bagaimana tidak bahan yang tidak begitu populer dan dianggap sampah masyarakat bisa di olah menjadi produk kerajinan unik yang bisa datangkan cuan. 

Seperti dilakukan oleh Sri Anggraini seorang pengrajin Piring Lidi Sawit dari KUEP Perempuan Mandiri Desa Cipta Praja, Kecamatan Keluang, Kabupaten Muba. 

"Saya baru 1 tahun menekuni usaha ini, dan mampu meraup keuntungan bersama 30 orang anggotanya, " ucap Sri Anggraini pada acara podcast Radio Gema Randik 97 FM dengan hostnya Elisa Aniwana.

BACA JUGA:Mau Beli Produk Khas Muba dengan Harga Murah? Kunjungi Saja Toko PKK

BACA JUGA:Gratis! Yuk Promosikan UMKM Kamu Melalui Live Podcast Dinas Kominfo Muba

Dimana podcast ini sendiri digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba untuk menghadirkan pelaku UMKM mempromosikan jualannya secara gratis. 

Itu juga dilakukan dalam rangka menyambut HUT Muba ke 68.

Di tengah tantangan ekonomi, lanjutnya para pengrajin Piring Lidi Sawit telah menunjukkan ketahanan dan inovasi dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Produk piring lidi sawit, yang dihasilkan dari bahan alami dan ramah lingkungan, semakin diminati oleh konsumen yang peduli terhadap keberlanjutan.

BACA JUGA:Promosi Gratis Dodol Kelapa Sawit via Podcast, Pelaku UMKM Muba Ucapkan Syukur

BACA JUGA:Kreator Podcast Horor, Lentera Malam Bagikan Tips Menggaet Pendengar Lewat Format Video Podcast

Sri menceritakan bahan yang digunakan adalah hasil mata pencarian di daerah mereka yaitu lidi sawit yang usianya 20 tahun.

Kegiatan ini memberikan dampak positif, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian lokal.

Melalui pelatihan dan dukungan dari berbagai pihak, pengrajin berupaya untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk.

Kategori :