Antisipasi Dini Cacar Monyet, Ketua TP PKK Sumsel Lakukan Sosialisasi Penyakit MPOX

Kamis 17-10-2024,11:07 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Melza Elen Setiadi.

melalui Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Sumsel Desy Kasnayati Edward mengajak seluruh Kader PKK untuk mengenali lebih dekat gejala penyakit cacar monyet (MPOX).

PENGENALAN

"Penyakit ini meskipun tidak sepenuhnya baru, namun belakangan ini mencuat di beberapa negara, termasuk negara kita. Ini membuat kita, sebagai kader kesehatan, memiliki tanggung jawab untuk memahami dan menyebarkan informasi yang akurat terkait penyakit ini kepada masyarakat,” kata Desy saat menghadiri webinar "Tepak Songket" (Temu Sapa Kader, Songsong Keluarga Tangguh) dengan tema

BACA JUGA:Harga Emas Antam di Palembang Hari Ini 17 Oktober 2024 Naik Rp5.000 per Gram

BACA JUGA:Nihil Hujan, Cuaca di Wilayah Sumsel Hari Ini 17 Oktober 2024 Diprakirakan Berawan

"Mengenal MPOX: Gejala, Transmisi, Komplikasi serta Perbedaan Jenis Cacar lainnya",  bertempat di Sekretariat TP PKK Sumsel

Diungkapkan Desy, tema yang diangkat kali ini merupakan isu yang sangat relevan dan penting, terutama di tengah tantangan kesehatan global yang semakin kompleks. Dunia kembali dihadapkan dengan munculnya penyakit infeksi MPOX atau Monkeypox.

Karena itu dia mengingatkan sebagai kader kesehatan harus memahami dengan baik apa itu MPOX mulai dari  gejala yang harus diwaspadai, cara penularannya, komplikasi yang mungkin timbul, hingga bagaimana membedakannya dari penyakit-penyakit serupa seperti cacar air atau cacar lainnya yang sudah lebih dahulu dikenal masyarakat. 

WEBINAR MPOX

BACA JUGA:Inilah 5 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Bikin Kamar Kamu Jadi Sejuk dan Nyaman, Serasa Tidur di Istana

BACA JUGA:Kementerian PPN/Bappenas Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Fresh Graduate dan Berpengalaman, Ini Linknya!

“Karena itulah, webinar ini sangat penting untuk menambah wawasan kader PKK. Sebagai kader kesehatan, kader PKK adalah garda terdepan dalam menjaga kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya pemahaman yang benar, dapat membantu mengurangi kepanikan di masyarakat. Kader PKK bisa memberikan edukasi yang tepat, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan jika ada gejala MPOX, serta bagaimana cara melindungi diri dan keluarga dari penularan penyakit ini. 

“Di sinilah peran penting kader PKK dalam menciptakan keluarga dan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi tantangan kesehatan,” tambahnya.

Kategori :