HORE! Selain Lanjutkan Bansos Lama, Prabowo Bakal Bagikan Bantuan Baru Melalui Perlinsos Rp 504 Triliun

Jumat 18-10-2024,17:18 WIB
Reporter : Try Dina
Editor : Try Dina

PALPRES. COM - Sederet bansos akan dilanjutkan pada saat masa kepemimpinan Prabowo nantinya hal ini sebagai komitmen terhadap janji untuk meneruskan program bansos Presiden Jokowi.

Seperti diketahui masa pemerintahan Presiden Jokowi akan berakhir sebentar lagi.

Tidak sampai 2 minggu lagi kita akan mengalami masa kepemimpinan presiden baru.

Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka akan resmi menggantikan beliau pada tanggal 20 Oktober 2024.

Pergantian kepemimpinan ini memunculkan spekulasi di kalangan penerima manfaat bantuan sosial (Bansos), terutama terkait kelanjutan program-program yang telah ada selama pemerintahan Jokowi.

Bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) telah menjadi bagian integral dari perlindungan sosial pemerintah.

Hal yang membuat sebagian masyarakat resah adalah apakah beberapa bansos yang ada akan berlanjut di thaun depan?

PKH dan BPNT akan dilanjutkan

Jika berpatokan pada Informasi terbaru yang ada, menunjukkan bahwa baik PKH maupun BPNT telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Penyaluran tahap terakhir untuk program-program ini direncanakan hingga bulan Desember. Selain itu, bantuan beras 10 kg, daging ayam, dan telur juga akan tetap disalurkan pada bulan Oktober dan Desember. Dimana data penerima masih menggunakan P3KE Kemiskinan Ekstream.

Sedangkan untuk PKH dan BPNT masih berpatokan pada data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Ini berarti, keluarga penerima manfaat (KPM) masih akan menerima bantuan hingga akhir tahun 2024. 

Namun, pertanyaan mengenai kelanjutan bantuan sosial di tahun 2025 masih terbuka.

Prabowo Subianto, presiden terpilih, telah berkomitmen untuk melanjutkan program-program baik yang sudah berjalan, termasuk penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat.

Menurut juru bicara Prabowo, Dahnil Azhar Simanjuntak, "Semua program yang baik dan menguntungkan rakyat yang sudah dimulai oleh Pak Jokowi pasti akan dilanjutkan."

Saat meninjau pembagian bantuan beras 10 kg di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Jokowi menyampaikan harapannya agar program Bansos ini dapat berlanjut di era kepemimpinan Prabowo. "Saya minta dilanjutkan karena saya nanti tanggal 20 Oktober sudah purna tugas," ujarnya.

Anggaran bansos baru dan lama sudah disiapkan

Kategori :