Dengan cara manual berjalan kaki oleh petugas dari dan menuju setiap stasiun.
“Pemeriksaan dilakukan secara terus-menerus, begitu juga dengan petugas di lapangan,” katanya.
Termasuk juga dengan menyiapkan peralatan mekanik seperti excavator, MTT (tamping machine, suatu alat bantu dalam perawatan jalan rel).
BACA JUGA:ALHAMDULILAH! 7 Bansos Resmi Dibagikan Pada 2025, Ada Bansos Lama dan Program Baru Prabowo
BACA JUGA:Info Bansos 23 Oktober, PKH BPNT Via KKS November - Desember Dalam Proses , KPM Pos Masih Burekol!
Fungsinya untuk mempercepat proses penanganan di lintas jalur apabila hal yang tidak diinginkan dampak dari kondisi cuaca.
Selain itu, KAI Divre III Palembang juga melakukan pemasangan dinding penahan longsor/amblas.
Khususnya di daerah yang memang secara geografis berada di wilayah rawan dampak hujan.
Dampak longsor maupun amblas apabila mengenai rel otomatis akan mengganggu operasional kereta.
“Hal itu yang perlu kita minimalisir agar perjalanan kereta api berjalan aman dan lancar,” katanya.