Salah satunya melalui kerja sama dengan maskapai nasional, seperti Garuda Indonesia dan Pelita Air, dengan menjadikan produk lokal sebagai souvenir penerbangan.
BACA JUGA:Dorong UMKM Naik Kelas, BRI Jalin Kolaborasi dengan SOGO
BACA JUGA:Dukung Asta Cita Presiden, PTBA Fasilitasi UMKM Kuliner Binaan Ikut JKI 2025
Langkah ini menjadi bukti nyata bahwa Pertamina berusaha agar produk UMKM binaannya bisa dikenal di berbagai kalangan dan semakin banyak menjangkau masyarakat.
Tidak hanya memberikan wadah promosi, Kilang Pertamina Plaju juga aktif membekali para pelaku UMKM binaan dengan berbagai edukasi dan pelatihan.
Mulai dari pembuatan laporan keuangan agar lebih transparan dalam melihat laba-rugi, peningkatan manajemen usaha, hingga pelatihan public speaking agar lebih percaya diri dalam mempresentasikan produknya kepada calon mitra maupun konsumen.
Dukungan ini melengkapi pembinaan sehingga UMKM binaan tidak hanya kuat dari sisi produk, tetapi juga matang dalam pengelolaan usaha.
BACA JUGA:BRI Region 4 Palembang Genjot UMKM! KUR Rp 6,9 Triliun Disalurkan hingga Oktober 2025
BACA JUGA:Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Viral di Dunia Maya, Raup Lebih dari 85 Juta Views
Sinergi antara Kilang Pertamina Plaju dan TP PKK Sumsel diharapkan dapat berlanjut.
Febrita menyampaikan harapan agar kolaborasi dengan Pertamina bisa terus diperkuat, terutama dalam mengembangkan pasar UMKM di wilayah Plaju.
Dengan begitu, produk-produk lokal tidak hanya dikenal lebih luas, tetapi juga membawa manfaat nyata bagi keluarga, masyarakat sekitar, hingga perekonomian Sumbagsel secara berkelanjutan.
Seluruh inisiatif ini sejalan dengan komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).
BACA JUGA:Festival Literasi Sumsel 2025 Tampilkan Lomba, Pameran UMKM, dan Pengukuhan Bunda Literasi
BACA JUGA:BSI Konsisten Akselerasi UMKM Naik Kelas, Segmen SME Tumbuh 12,20 Persen
Program pembinaan UMKM binaan ini mendorong kesetaraan gender (SDG 5) dengan memberdayakan banyak pelaku usaha perempuan.